Boangmanalu, Nelson (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD N 030429 JAMBU T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 114522314004 COVER.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
2 NIM 114522314004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3 NIM 114522314004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4 NIM 114522314004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
5 NIM 114522314004 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
6 NIM 114522314004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
7 NIM 114522314004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
8 NIM 114522314004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
9 NIM 114522314004 BAB I.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
13 NIM 114522314004 BAB V.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
14 NIM 114522314004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
Abstract
pada materi Bangun ruang Balok, T.A 2015/2016. Rumusan masalah pada penelitian
ini adalah Apakah dengan Penerapan Model Pembelajaran Contetualteaching And Learning
Aktivitas BelajarMatematika SiswaKelas IV SD N 030429 Jambu Dalam Pokok Bahasan
Bangun Ruang Balok dapat ditingkatkan.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan penerapan
Model Pembelajaran CTL sebagai sasaran utama. Dimana peneletian ini berupaya
memaparkan Model pembelajaran CTL dalam pembelajaran Matematika kelas IV pada
materi Bangun Ruang Balok. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Berjumlah 24 orang
yang diantaranya 14 orang laki-laki dan 10 orang perempuan di SD Negeri 030429 Jambu.
Penetapan kelas ini diambil berdasarkan hasil observasi terhada kelas yang akan diteliti dan
saran kepala sekolah. Objek formal dengan penerapan Model Pembelajaran CTL pada mata
pelajaran Matematika.
Hasil penelitian pada pre test 3 orang siswa yang lulus, pada post test siklus I
mencapai 10 orang siswa yang telah berhasil dengan nilai rata-rata 55 dan ketuntasan
klasikalnya 41,67% sedangkan ketuntasan klsaikal yang harus dicapai adalah 80% dan KKM
70. Dan pada post test siklus II mencapai21 orang siswa yang telah berasil dari jumlah siswa
24 orang dengan nilai rata-rata 73,75 dan ketuntasan klasikalnya 87,50%.
Dapat disimpulkan bahwa ketuntasan klasikal yang dicapai adalah 87,50%. Dengan
demikian penerapan Model Pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
aspek kognitif pada materi Bangun Ruang Balok, T.A 2015/2016 SD Negeri 030429 Jambu
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 230 |
Keywords: | Konstruktivisme; Bertanya; Refleksi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 06:47 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 06:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21514 |