Melinda, Sri (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DI KELAS IV SD NEGERI 115 GUNUNGTUA JAE TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123311076 COVER.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
2. NIM. 1123311076 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (740kB) | Preview
3. NIM. 1123311076 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4. NIM. 1123311076 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
5. NIM. 1123311076 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. NIM. 1123311076 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
7. NIM. 1123311076 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 1123311076 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
9. NIM. 1123311076 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
10 NIM. 1123311076 BAB I.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
14. NIM. 1123311076 BAB V.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
15. NIM 1123311076 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa
pada pelajaran IPA. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk meningkatkan
hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi pokok Perubahan Lingkungan dan
Pengaruhnya di kelas IV SD Negeri 115 Gunungtua Jae Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek
dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas IV SD Negeri 115 Gunungtua Jae Tahun
Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki
dan 5 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus yang terdiri dari
empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik
pengumpulan data menggunakan soal tes hasil belajar dalam bentuk pilihan
berganda sebanyak 20 soal pada materi perubahan lingkungan dan pengaruhnya
yang diberikan sebanyak 3 kali yaitu pretest, Post test Siklus I, Post test Siklus II
dan lembar observasi digunakan untuk menilai aktivitas guru dan siswa.
Dari hasil penelitian, pada saat pretest diperoleh terhadap 25 siswa secara
klasikal terdapat 4 siswa yang tuntas hasil belajar dengan persentase 16% dan
yang tidak tuntas terdapat 21 siswa dengan persentase 84%, dengan nilai rata-rata
siswa 47. Pada siklus I dengan menerapkan model Examples Non Examples
terlihat adanya peningkatan nilai rata-rata siswa 68, diperoleh tingkat ketuntasan
belajar siswa secara klasikal yaitu 15 siswa yang tuntas dengan persentase 60%
atau sebanyak 10 siswa yang tidak tuntas dengan persentase 40%. Pada siklus II,
terlihat peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa yang ditandai dengan
meningkatnya nilai rata-rata klasikal siswa menajadi 84 dengan tingkat ketuntasan
belajar siswa secara klasikal yaitu 23 siswa yang tuntas dengan persentase 92%
atau sebanyak 2 siswa yang tidak tuntas dengan persentase 8%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 191 |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran; IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 05:07 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 05:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21510 |