Tambunan, Mutiara (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DIKELAS IV SDN 030417 ULUMERAH KEC.SITELLU TALI URANG JULU KAB.PAKPAK BHARAT T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 114522314032 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM 114522314032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (773kB) | Preview
3. NIM 114522314032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
4. NIM 114522314032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
5. NIM 114522314032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM 114522314032 TABLES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7. NIM 114522314032 GRAFIC.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9. NIM 114522314032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
10. NIM 114522314032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
11. NIM 114522314032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
15. NIM 114522314032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
16. NIM 114522314032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi
belajar siswa pada mata pelajaran IPA menggunakan model pembelajaran
Discovery Learning di kelas IV SDN 030417 Ulumerah Kec. Sitellu Tali Urang
Julu Kab. Pakpak Bharat.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action
Research) Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri No.
030417 Ulumerah Kec. Sitellu Tali Urang Julu Kab. Pakpak Bharat sebanyak 15
orang. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data sekolah observasi pada saat
belajar mengajar dilakukan guru lembar observasi dalam mengobservasi siswa
pada saat pengumpulan data siswa tentang tumbuhan monokotil dan dikotil.
Observasi dilakukan untuk mengetahui peningkatan penelitian tumbuhan
monokotil dan dikotil dengan keterangan dalam lembar observasi bahwa A =
Sangat baik, B = Baik, C = Cukup, D = Kurang Baik. Dan dengan ketentuan 0-
645 belum tuntas 65-80 adalah tuntas, 81-100 sangat baik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes awal hanya terdapat 9 orang,
belum tuntas sekitar 60% , Sedangkan yang tuntas 6 0rang sekitar 40 % pada
siklus I. Pada siklus II pertemuan I dan II menunjukkan bahwa nilai dari hasil
metode Discovery Learning meningkat setelah guru melaksanakan pembelajaran
yang lebih baik. Hal ini terlihat bahwa presentase lulusan KKM dari 15 orang
siswa, didapatkan sejumlah 12 orang 80 % yang telah lulus KKM, sedangkan 3
orang 20 % lagi belum tuntas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PGSD 235 |
Keywords: | IPA; Motivasi; Model pembelajaran |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 03:10 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 03:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21493 |