Octivasari, Fanny (2016) PENGARUH MENDONGENG TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IBNU AL-AKBAR KEC. BERINGIN KAB. DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 1122113003 FANNY OCTIVASARI - COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
02 NIM 1122113003 FANNY OCTIVASARI - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (833kB) | Preview
03 NIM 1122113003 FANNY OCTIVASARI - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
04 NIM 1122113003 FANNY OCTIVASARI - PREFACE.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
05 NIM 1122113003 FANNY OCTIVASARI - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
06 NIM 1122113003 FANNY OCTIVASARI - TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
07 NIM 1122113003 FANNY OCTIVASARI - ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08 NIM 1122113003 FANNY OCTIVASARI - APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
09 NIM 1122113003 FANNY OCTIVASARI - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
13 NIM 1122113003 FANNY OCTIVASARI - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14 NIM 1122113003 FANNY OCTIVASARI - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah : minimnya kegiatan-kegiatan
di dalam kelas yang mengembangkan keterampilan menyimak pada anak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mendongeng terhadap
keterampilan menyimak anak usia 5-6 tahun di TK IBNU AL-AKBAR Kec.
Beringin Kab. Deli serdang Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah
penelitian post test only control design. Populasi dalam penelitian dilakukan
dengan menggunakan dua kelas kelompok yang memiliki karakteristik yang sama
yaitu seluruh B1 dan B2 yang berjumlah 40 orang. Penentuan sampel kelas
dilakukan secara acak ( random )dengan jumlah sampel setiap kelas masingmasing
sebanyak 20 anak.
Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pedoman obesrvasi. Dan
penggunaan analisis data menggunakan uji-t. Pada saat mengobservasi,
pengobservasi menggunakan pedoman observasi yang telah ditentukan yaitu taraf
nyata α = 0,05
Berdasarkan hasil observasi keterampilan menyimak anak dikelas
eksperimen memiliki nilai rata-rata 39,5 dengan nilai tertinggi 48 dan nilai
terendah 25, sehingga keterampilan menyimak pada anak dengan mendongeng
pada kelas eksperimen memperoleh perbedaan yang signifikan. Sedangkan nilai
hasil observasi keterampilan menyimak anak dikelas kontrol yang memiliki ratarata
24,45 dengan nilai tertinggi 35 dan nilai terendah 15, sehingga keterampilan
menyimak pada anak dengan mendongeng pada kelas kontrol memperoleh
perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil tersebut, hipotesis
menyatakanbahwa pembelajaran menggunakan metode mendongeng anak
berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan keterampilan
menyimakanak yaitu dari hasil hipotesis diperoleh thitung> ttabel yaitu 9.336 >1,707
pada taraf α = 0,05.
Berdasarkan penjelasa yang telah dipaparkan dapat ditarik kesimpulan
bahwa mendongeng memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan
menyimak pada anak dibanding dengan kelas kontrol yang menggunakan metode
tanya jawab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PAUD 042 |
Keywords: | Menyimak; Mendongeng; Metode Tanggung Jawab |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education N Fine Arts > NB Sculpture > NB1120 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Nov 2016 07:14 |
Last Modified: | 15 Nov 2016 07:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21482 |