PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA 06 BROMO MEDAN T.A. 2015/ 2016

Qomariah, Nur (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA 06 BROMO MEDAN T.A. 2015/ 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01 NIM 1123113014 NUR QOMARIAH - COVER.pdf]
Preview
Text
01 NIM 1123113014 NUR QOMARIAH - COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 02 NIM 1123113014 NUR QOMARIAH - APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02 NIM 1123113014 NUR QOMARIAH - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (802kB) | Preview
[thumbnail of 03 NIM 1123113014 NUR QOMARIAH - ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03 NIM 1123113014 NUR QOMARIAH - ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 04 NIM 1123113014 NUR QOMARIAH - PREFACE.pdf]
Preview
Text
04 NIM 1123113014 NUR QOMARIAH - PREFACE.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 05 NIM 1123113014 NUR QOMARIAH - TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05 NIM 1123113014 NUR QOMARIAH - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 06 NIM 1123113014 NUR QOMARIAH - TABLES.pdf]
Preview
Text
06 NIM 1123113014 NUR QOMARIAH - TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 07 NIM 1123113014 NUR QOMARIAH - ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
07 NIM 1123113014 NUR QOMARIAH - ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 08 NIM 1123113014 NUR QOMARIAH - APPENDICES.pdf]
Preview
Text
08 NIM 1123113014 NUR QOMARIAH - APPENDICES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 09 NIM 1123113014 NUR QOMARIAH - CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09 NIM 1123113014 NUR QOMARIAH - CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM 1123113014 NUR QOMARIAH - CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13 NIM 1123113014 NUR QOMARIAH - CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM 1123113014 NUR QOMARIAH - BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14 NIM 1123113014 NUR QOMARIAH - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: masih rendahnya minat belajar
anak dalam kemampuan berbahasa terutama keterampilan bercerita dan anak
cenderung pasif. Hal tersebut dikarenakan karena media pembelajaran yang
digunakan guru tidak menarik perhatian anak. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh penggunaan media gambar berseri terhadap keterampilan
bercerita anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah BustanulAthfal 06 Bromo Medan
Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain
penelitian Posttest-Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel
dilakukan dengan random sampling, yaitu memilih sampel dengan cara acak. Cara
acak/random dilakukan karena populasi anaknya di setiap kelas memiliki
karakteristik yang sama dari segi usia yaitu usia 5-6 tahun. Teknik acak yang
dilakukan untuk menentukan sampel kelas ekperimen yang menggunakan media
gambar berseri dan sebagai kelas kontrol yaitu kelas tanpa menggunakan media
gambar berseri adalah dengan cara undian. Cara undian yang dimaksud adalah
dengan mengocok 2 gulungan kertas nama kelas yaitu kelas kontrol dan kelas
eksperimen. Kemudian nama kelas yang keluar pertama adalah kelas eksperimen,
nama yang keluar selanjutnya adalah kelas kontrol. Untuk kelas ekperimen 21
orang anak dengan pembelajaran menggunakan media gambar berseri, dan kelas
kontrol 21 orang anak hanya menggunakan media gambar saja.
Hasil Analisis deskriptif menunjukkan pemanfaatan media gambar berseri
lebih baik di bandingkan dari kelas kontrol. Skor tertinggi kelas eksperimen 35,
kelas kontrol 28 dan skor terendah kelas eksperimen 14, kelas kontrol 13. Ratarata
kelas eksperimen 25,43 dan rata-rata untuk kelas kontrol 20,19. Jumlah anak
dikelas eksperimen yang mendapat nilai di atas rata-rata lebih banyak (38,10%)
dibanding di kelas kontrol (19,05%). Sebaliknya jumlah anak di kelas kontrol
yang mendapat nilai di bawah rata-rata (38,10%) lebih banyak dibanding di kelas
eksperimen (28,55%).
Hasil uji hipotesis diketahui t-hitung =3,40 lebih besar dari t-tabel = 1,72.
Hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan penggunaan media gambar
berseri terhadap keterampilan bercerita anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah
Bustanul Athfal 06 Bromo Medan Tahun Ajaran 2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sk-2016 PAUD 028
Keywords: Bercerita; Media Gambar;Media Visual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
N Fine Arts > NB Sculpture > NB1120 Study and teaching
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Nov 2016 06:38
Last Modified: 15 Nov 2016 06:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21476

Actions (login required)

View Item
View Item