Qomariah, Nur (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA 06 BROMO MEDAN T.A. 2015/ 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 1123113014 NUR QOMARIAH - COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
02 NIM 1123113014 NUR QOMARIAH - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (802kB) | Preview
03 NIM 1123113014 NUR QOMARIAH - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
04 NIM 1123113014 NUR QOMARIAH - PREFACE.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
05 NIM 1123113014 NUR QOMARIAH - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
06 NIM 1123113014 NUR QOMARIAH - TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
07 NIM 1123113014 NUR QOMARIAH - ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08 NIM 1123113014 NUR QOMARIAH - APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
09 NIM 1123113014 NUR QOMARIAH - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
13 NIM 1123113014 NUR QOMARIAH - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
14 NIM 1123113014 NUR QOMARIAH - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: masih rendahnya minat belajar
anak dalam kemampuan berbahasa terutama keterampilan bercerita dan anak
cenderung pasif. Hal tersebut dikarenakan karena media pembelajaran yang
digunakan guru tidak menarik perhatian anak. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh penggunaan media gambar berseri terhadap keterampilan
bercerita anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah BustanulAthfal 06 Bromo Medan
Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain
penelitian Posttest-Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel
dilakukan dengan random sampling, yaitu memilih sampel dengan cara acak. Cara
acak/random dilakukan karena populasi anaknya di setiap kelas memiliki
karakteristik yang sama dari segi usia yaitu usia 5-6 tahun. Teknik acak yang
dilakukan untuk menentukan sampel kelas ekperimen yang menggunakan media
gambar berseri dan sebagai kelas kontrol yaitu kelas tanpa menggunakan media
gambar berseri adalah dengan cara undian. Cara undian yang dimaksud adalah
dengan mengocok 2 gulungan kertas nama kelas yaitu kelas kontrol dan kelas
eksperimen. Kemudian nama kelas yang keluar pertama adalah kelas eksperimen,
nama yang keluar selanjutnya adalah kelas kontrol. Untuk kelas ekperimen 21
orang anak dengan pembelajaran menggunakan media gambar berseri, dan kelas
kontrol 21 orang anak hanya menggunakan media gambar saja.
Hasil Analisis deskriptif menunjukkan pemanfaatan media gambar berseri
lebih baik di bandingkan dari kelas kontrol. Skor tertinggi kelas eksperimen 35,
kelas kontrol 28 dan skor terendah kelas eksperimen 14, kelas kontrol 13. Ratarata
kelas eksperimen 25,43 dan rata-rata untuk kelas kontrol 20,19. Jumlah anak
dikelas eksperimen yang mendapat nilai di atas rata-rata lebih banyak (38,10%)
dibanding di kelas kontrol (19,05%). Sebaliknya jumlah anak di kelas kontrol
yang mendapat nilai di bawah rata-rata (38,10%) lebih banyak dibanding di kelas
eksperimen (28,55%).
Hasil uji hipotesis diketahui t-hitung =3,40 lebih besar dari t-tabel = 1,72.
Hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan penggunaan media gambar
berseri terhadap keterampilan bercerita anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah
Bustanul Athfal 06 Bromo Medan Tahun Ajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2016 PAUD 028 |
Keywords: | Bercerita; Media Gambar;Media Visual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education N Fine Arts > NB Sculpture > NB1120 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Nov 2016 06:38 |
Last Modified: | 15 Nov 2016 06:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21476 |