Batubara, Choirun Nisa (2016) PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 01 CABANG MEDAN T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 1123113004 CHOIRUN NISYA BATUBARA - COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
02 NIM 1123113004 CHOIRUN NISYA BATUBARA - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (749kB) | Preview
03 NIM 1123113004 CHOIRUN NISYA BATUBARA - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
04 NIM 1123113004 CHOIRUN NISYA BATUBARA - PREFACE.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
05 NIM 1123113004 CHOIRUN NISYA BATUBARA - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
06 NIM 1123113004 CHOIRUN NISYA BATUBARA - TABLES.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
07 NIM 1123113004 CHOIRUN NISYA BATUBARA - ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
08 NIM 1123113004 CHOIRUN NISYA BATUBARA - APPENDICES.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
09 NIM 1123113004 CHOIRUN NISYA BATUBARA - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
13 NIM 1123113004 CHOIRUN NISYA BATUBARA - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
14 NIM 1123113004 CHOIRUN NISYA BATUBARA - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen
terhadap motivasi belajar anak kelompok usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul
Athfal 01 Cabang Medan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Variabel bebas adalah
metode eksperimen sedangkan variabel terikat adalah motivasi belajar. Instrumen
pengumpulan data adalah pedoman observasi. Data dianalisis dengan metode
deskriptif dan uji hipotesis dengan uji t yang dilanjutkan dengan uji signifikasi
pada taraf nyata α = 0,05.
Hasil analisis data menunjukkan rata-rata nilai pada kelas eksperimen
12,95 dengan nilai tertinggi 15 dan nilai terendah 11. Nilai rata-rata pada kelas
kontrol 10 dengan nilai tertinggi 12 dan nilai terendah 8. Berdasarkan hasil uji
hipotesis menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara metode
eksperimen terhadap motivasi belajar anak dan dari hasil uji-t diperoleh thitung >
ttabel yaitu 10,17 >1,707 pada taraf α = 0.05. Dengan hasil uji-t tersebut dapat
dinyatakan bahwa penggunaan metode eksperimen memiliki pengaruh yang lebih
baik terhadap motivasi belajar anak dibandingkan metode tanya jawab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PAUD 029 |
Keywords: | Metode belajar; Metode Eksprimen;Metode Tanggung Jawab |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Nov 2016 06:25 |
Last Modified: | 15 Nov 2016 06:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21473 |