Hasibuan, Wahyu Pratama (2016) PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP PENGEMBANGAN SIKAP EMPATI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK/RA BINMUDORA TG. MORAWA TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 1123113026 WAHYU PRATAMA HSB - COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
02 NIM 1123113026 WAHYU PRATAMA HSB - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (802kB) | Preview
03 NIM 1123113026 WAHYU PRATAMA HSB - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
04 NIM 1123113026 WAHYU PRATAMA HSB - PREFACE.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
05 NIM 1123113026 WAHYU PRATAMA HSB - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
06 NIM 1123113026 WAHYU PRATAMA HSB - TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
07 NIM 1123113026 WAHYU PRATAMA HSB - ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08 NIM 1123113026 WAHYU PRATAMA HSB - APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
09 NIM 1123113026 WAHYU PRATAMA HSB - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
13 NIM 1123113026 WAHYU PRATAMA HSB - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
14 NIM 1123113026 WAHYU PRATAMA HSB - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
Abstract
berempati anak yang belum berkembang dengan baik, empati merupakan
sikap kepedulian terhadap orang lain. Sehingga dengan menggunakan metode
bercerita, guru dapat menanamkan sikap-sikap positif dan nilai-nilai moral yang
terkandung dalam cerita yang dapat mempengaruhi sikap empati anak. Sehingga
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode bercerita
taterhadap pengembangan sikap empati anak usia 5-6 tahun di TK/RA
Binmudora Tanjung Morawa.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelas kelompok yang
memiliki karakteristik yang sama yaitu kelas B1 dan kelas B2. Penentuan
sampel kelas dilakukan secara acak (random) dengan jumlah sampel tiap kelas
sebanyak 20 anak. Variabel bebas adalah metode bercerita sedangkan variabel
terikat adalah sikap empati. Intrumen pengumpulan data yaitu pedoman
observasi. Analisis data mengunakan uji-t. Dan observasi dilakukan
pengobservasi dengan pedoman observasi yang telah disediakan. Dengan taraf
nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh rata-rata nilai
pada kelas eksperimen 21,5 dengan nilai tertinggi 24 dan nilai terendah 19,
sehingga pengembangan sikap empati anak pada kelas eksperimen memperoleh
perbedaan yang signifikan. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 16,2
dengan nilai tertinggi 18 dan nilai terendah 13, sehingga pengembangan sikap
empati anak pada kelas kontrol memperoleh perbedaan yang signifikan.
Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa pembelajaran
menggunakan metode bercerita berpengaruh secara signifikan terhadap
pengembangan sikap empati anak yaitu dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung
>ttabel, yaitu 9,63>1,707 pada taraf α = 0.05. Dengan demikian metode bercerita
berperngaruh secara signifikan terhadap pengembangan sikap empati anak usia
5-6 tahun di TK/RA Binmudora Tanjung Morawa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PAUD 024 |
Keywords: | Empati; bercerita; Anak TK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education N Fine Arts > NB Sculpture > NB1120 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Nov 2016 05:03 |
Last Modified: | 15 Nov 2016 05:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21471 |