Hutabarat, Rosita Sari (2016) PENGARUH TEKNIK MNEMONIK TERHADAP PENGEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PARULIAN 2 MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 1121113004 ROSITA SARI HUTABARAT - COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
02 NIM 1121113004 ROSITA SARI HUTABARAT - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (804kB) | Preview
03 NIM 1121113004 ROSITA SARI HUTABARAT - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
04 NIM 1121113004 ROSITA SARI HUTABARAT - PREFACE.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
05 NIM 1121113004 ROSITA SARI HUTABARAT - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
06 NIM 1121113004 ROSITA SARI HUTABARAT - TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
07 NIM 1121113004 ROSITA SARI HUTABARAT - ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08 NIM 1121113004 ROSITA SARI HUTABARAT - APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
09 NIM 1121113004 ROSITA SARI HUTABARAT - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
12 NIM 1121113004 ROSITA SARI HUTABARAT - CHAPTER IV.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
14 NIM 1121113004 ROSITA SARI HUTABARAT - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: masih rendahnya kemampuan
mengingat anak, sesuai dengan perkembangan kognitifnya. Oleh sebab itu sangat
perlu di berikan tuntunan untuk membantu memori anak dengan teknik
mnemonik. Hal tersebut dikarenakan guru masih berpatokan dengan buku paket,
sehingga anak kurang terlibat dalam proses pembelajaran (bersikap pasif)
sehingga bahasa anak rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh
Teknik Mnemonik Terhadap Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia 4-5 Tahun
Di TK Parulian 2 Medan T.A. 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain
penelitian Posttest-Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel
dilakukan dengan random sampling, yaitu memilih sampel dengan cara acak. Cara
acak/random dilakukan karena populasi anaknya di setiap kelas memiliki
karakteristik yang sama dari segi usia yaitu usia 4-5 tahun. Teknik acak yang
dilakukan untuk menentukan sampel kelas ekperimen yang menggunakan
mnemonik dan sebagai kelas kontrol yang menggunakan pasangan kata serima
adalah dengan cara undian. Cara undian yang dimaksud adalah dengan mengocok
42 gulungan kertas nama anak, kemudian nama yang keluar pertama adalah kelas
eksperimen, nama yang keluar selanjutnya adalah kelas kontrol dan seterusnya
bergantian. Untuk kelas ekperimen 15 orang anak dengan pembelajaran
menggunakan mnemonik, dan kelas kontrol 15 orang anak menggunakan
pasangan kata serima.
Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa pembelajaran
menggunakan mnemonik berpengaruh signifikan terhadap pengembangan bahasa
yaitu hasil uji hipotesis diketahui t-hitung > dari t-tabel yaitu 20,79 > 1,701. Hal
ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan teknik mnemonik terhadap
pengembangan bahasa anak usia 4-5 tahun Di TK Parulian 2 Medan Tahun Ajaran
2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PAUD 036 |
Keywords: | Permaian Kata; Anak Usia Dini; Mnemonik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Nov 2016 04:48 |
Last Modified: | 15 Nov 2016 04:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21468 |