Syahputri, Ratih Dewi (2016) PENGARUH PERMAIANAN BALOK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK PADA USIA 4-5 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA STABAT KEC. STABAT KEB. LANGAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1122113007 COVER.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
2. NIM 1122113007 LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
3. NIM 1122113007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
4. NIM 1122113007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
5. NIM 1122113007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM 1122113007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 1122113007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 1122113007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 1122113007 BAB I.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
13. NIM 1122113007 BAB V.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
14. NIM 1122113007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Dalam penelitian ini yang menjadi masalah adalah kemampuan sosial-emosional anak belum meningkat dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan sosial emosional pada anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina Stabat Kecamatan Stabat Kabupaten Langkat T.A 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen only posttest control group desig. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelas kelompok yang memiliki krakteristik yang sama yaitu kelas A1 dan A2. Penentuan sampek kelas dilakukan secara acak (random) dengan jumlah sampel tiap kelas sebanyak 15 anak. Variabel bebas adalah permainan balok, sedangkan variabel terikat adalah peningkatan kemampuan sosial-emosional anak. Instrumen pengumpulan data yaitu penduan observasi. Analisis data menggunakan uji-t. Dan observasi dilakukan pengobservasi dengan panduan obervasi yang telah disediakan. Dengan taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen 38,8 dengan nilai tertinggi 42 dan nilai terendah 34, sehingga peningkatan kemampuan sosial-emosional anak pada kelas eksperimen memperoleh perbedaan yang signifikan. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 26,6 dengan nilai tertinggi 32 dan nilai terendah 24, sehingga peningkatan kemampuan sosial-emosional anak pada kelas kontrol memperoleh perbedaan yang signifikan.
Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa thitung ( 20,79) > ttabel (1,701) pada taraf α = 0,05. Dengan demikian kegiatan permainan balok berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan sosial-emosional anak pada usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina Stabat Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PAUD 031 |
Keywords: | Sosial Emosional; Permaian Balok; Origami |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education N Fine Arts > NB Sculpture > NB1120 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Nov 2016 04:39 |
Last Modified: | 15 Nov 2016 04:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21467 |