Indarianni (2016) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI BERBASIS INKUIRI KONTEKSTUAL PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI FMIPA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146174018 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM. 8146174018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
3. NIM. 8146174018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4. NIM. 8146174018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 8146174018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
6. NIM. 8146174018 TABLES.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7. NIM. 8146174018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
8. NIM. 8146174018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 8146174018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
13. NIM. 8146174018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM. 8146174018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil validasi ahli materi terhadap buku penuntun praktikum berbasis inkuiri kontekstual yang telah dikembangkan; (2) hasil validasi ahli desain terhadap buku penuntun praktikum berbasis inkuiri kontekstual yang telah dikembangkan; (3) tanggapan Dosen mata kuliah Praktikum Mikrobiologi terhadap buku penuntun praktikum berbasis inkuiri kontekstual yang telah dikembangkan; (4) Persepsi mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Negeri Medan terhadap buku penuntun praktikum berbasis inkuiri kontekstual yang telah dikembangkan; (5) kelayakan buku penuntun praktikum Mikrobiologi berbasis inkuiri kontekstual untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan menggunakan Model pengembangan bahan ajar Thiagarajan, yang dimodifikasi sesuai kebutuhan. Adapun tahapan model ini meliputi pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebarluasan (disseminate). Subjek uji coba terdiri dari tim ahli materi, tim ahli desain, 3 (tiga) mahasiswa Prodi Pendidikan biologi uji coba perorangan, 9 (sembilan) mahasiswa Prodi Pendidikan biologi uji coba kelompok kecil, 20 mahasiswa Prodi Pendidikan biologi uji coba lapangan terbatas. Data yang dikumpulkan berupa angket. Hasil validasi ahli materi terhadap buku penuntun praktikum berbasis inkuiri kontekstual yang dikembangkan secara keseluruhan termasuk dalam kategori sangat baik dengan kelayakan isi menunjukkan persentase 94,44%; kelayakan penyajian menunjukkan persentase 92,50%; kelayakan komponen inkuiri kontekstual menunjukkan persentase 90%; kelayakan aspek kebahasaan menunjukkan persentase 96,25%; Hasil validasi ahli desain pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase 85,77%; Hasil penilaian oleh dosen termasuk dalam kategori sangat baik.dengan persentase 95,83%; Uji perorangan berada pada kriteria “sangat baik” (85%); Uji coba kelompok kecil berada pada kriteria “sangat baik” (87,22%); Uji coba lapangan terbatas berada pada kriteria “sangat baik” (91,12%). Berdasarkan data tersebut produk penuntun praktikum Mikrobiologi Berbasis Inkuiri Kontekstual yang sudah dikembangkan layak digunakan untuk mahasiswa sebagai penuntun praktikum pada mata kuliah Mikrobiologi. Mengingat penelitian ini hanya dilakukan sampai uji kelompok lapangan terbatas maka untuk mengetahui keefektifitasannya penuntun praktikum Mikrobiologi perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 579.071 1 Ind p |
Keywords: | Pengembangan penuntun praktikum; Mikrobiologi; Inkuiri kontekstual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Nov 2016 07:37 |
Last Modified: | 14 Nov 2016 07:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21421 |