Husna, Asmaul (2016) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN KETRAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA KOTA LANGSA TENTANG MANGROVE DENGAN KREATIFITAS DAN PEMECAHAN MASALAH EKOSISTEM HUTAN MANGROVE. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146174004_COVER.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
2. NIM. 8146174004_PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
3. NIM. 8146174004_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
4. NIM. 8146174004_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. NIM. 8146174004_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. NIM. 8146174004_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. NIM. 8146174004_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 8146174004_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 8146174004_BAB I.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
13. NIM. 8146174004_BAB V.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
14. NIM. 8146174004_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengumpulkan dan melakukan pengujian yang berkenaan dengan: 1) Hubungan dan kontribusi tingkat pengetahuan tentang mangrove (X1) dengan kreativitas siswa (Y1); 2) Hubungan dan kontribusi keterampilan proses sains dalam pembelajaran (X2) dengan kreativitas siswa (Y1); 3) Hubungan dan kontribusi tingkat pengetahuan tentang mangrove(X1) dengan pemecahan masalah ekosistem hutan mangrove(Y2); 4) Hubungan dan kontribusi keterampilan proses sains dalam pembelajaran (X2) dengan pemecahan masalah ekosistem hutan mangrove (Y2); 5) Hubungan dan kontribusi tingkat pengetahuan tentang mangrove dan keterampilan proses sains dalam pembelajaran (X1X2) dengan kreativitas siswa (Y1); dan 6) Hubungan dan kontribusi tingkat pengetahuan tentang mangrove dan keterampilan proses sains dalam pembelajaran (X1X2) dengan pemecahan masalah ekosistem hutan mangrove (Y2). Penelitian bersifat deskriptif korelasional menggunakan metode survey terhadap populasi siswa SMA Negeri se kota Langsa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dikelompokkan ke dalam kategori sekolah (SMA) yang terletak pada wilayah kota, dataran, dan pesisir. Sampel terdiri dari 2 SMA di wilayah Kota, 2 SMA di wilayah dataran, dan 1 SMA di wilayah pesisir dengan responden berasal dari siswa kelas X sebanyak 714 orang. Analisis data menggunakan analisis korelasi sederhana, dilanjutkan dengan regresi sederhana; dan analisis korelasi berganda dilanjutkan dengan regresi berganda. Hasil penelitian diperoleh: (1) Ada hubungan positif dan signifikan antara tingkat pengetahuan siswa tentang ekosistem mangrove dengan kreativitas siswa, dengan kontribusi 1,1% dan persamaan regresi linier Ý1 = 68,412 + 0,129X1; (2) Ada hubungan positif dan signifikan antara keterampilan proses sains dalam pembelajaran ekosistem dengan kreativitas siswa, dengan kontribusi 18,2%, dan persamaan regresi linier Ý2 = 16,719 + 0,760X2; (3) Tingkat pengetahuan siswa tentang ekosistem mangrove berkorelasi negatif yang tidak signifikan terhadap pemecahan masalah ekosistem mangrove; (4) Ada hubungan positif dan signifikan antara keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran ekosistem dengan pemecaham masalah ekosistem mangrove, dengan kontribusi sebesar 18,7% dan persamaan regresi linier Ý3= 16,703 + 0,749X1; (5)Ada hubungan positif dan signifikan antara tingkat pengetahuan tentang ekosistem mangrove dan keterampilan proses sains dalam pembelajaran Ekosistem dengan kreativitas siswa SMA se Kota Langsa T.P 2015/2016 dengan kontribusi sebesar 18,8% dan persamaan regresi linier berganda Ý5 = 10,586 + 0,098X1 + 0,752X2. Sehingga disimpulkan, bahwa tingkat pengetahuan dan keterampilan proses berkorelasi positif dan signifikan terhadap kreativitas siswa, dan keterampilan proses sains berkorelasi positif dan signifikan terhadap pemecahan masalah mangrove oleh siswa SMA Negeri se Kota Langsa T.P 2015/2016. Disarankan untuk melakukan pengayaan materi ajar ekosistem mangrove dan menerapkan pendekatan keterampilan proses sains guna meningkatkan kreativitas dan kemampuan pemecahan masalah, khusus yang berkenaan dengan ekosistem mangrove.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 577.698 071 2 Hus h |
Keywords: | Pengetahuan ekosistem; Keterampilan proses sains dalam pembelajaran ekosistem; Kreativitas siswa; Pemecahan masalah; Ekosistem mangrove |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology Q Science > QK Botany > QK900 Plant ecology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Nov 2016 03:56 |
Last Modified: | 14 Nov 2016 03:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21415 |