Harahap, Nurhasanah (2016) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK RATIONAL EMOTIVE THERAPY TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS X MA AL-WASHLIYAH 12 PERBAUNGAN TAHUN AJARAN 2015 / 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 1123151031 COVER.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
2. 1123151031 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (875kB) | Preview
3. 1123151031 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
4. 1123151031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
5. 1123151031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
6. 1123151031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. 1123151031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8.1123151031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. 1123151031 BAB I.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
13. 1123151031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. 1123151031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah Ada Pengaruh Pemberian Layanan Konseling Kelompok Rational Emotive Therapy (RET) terhadap Interaksi Sosial Siswa MA Al-Washliyah 12 Perbaungan Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok rational emotive therapy terhadap interaksi sosial siswa kelas X di MA Al-Washliyah 12 Perbaungan Tahun Ajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Aliyah B yang terdiri dari 8 orang siswa. Instrument yang digunakan adalah angket untuk mengetahui tentang interaksi sosial siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan konseling kelompok behavioral. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon. Perubahan interaksi sosial yang terjadi pada siswa sebelum diberikan layanan konseling kelompok behavioral dengan rata-rata skor pre-test sebesar 43,75 dan skor rata-rata post-test adalah sebesar 75,875. Dari hasil tersebut diketahui terjadi peningkatan interaksi sosial siswa sebesar 32,125. Artinya peningkatan interaksi sosial siswa antara sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok rational emotive therapy adalah sebesar73%. Hasil peneltian menunjukkan bahwa pelaksanaan konseling kelompok RET berpengaruh terhadap interaksi sosial siswa kelas X-B MA Al-Washliyah 12 perbaungan Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini tergambar dengan hasil Uji Wilcoxon yang dilakukan dengan hasil diperoleh Jhitung = 0, Dengan α = 0,05 dan n=8, maka berdasarkan daftar, Jtabel = 4. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung lebih kecil daripada Jtabel, maka Hipotesis Ho ditolak hal ini diperkuat dengan persamaan rumus Z. Karena nilai z hitung adalah -2,521 dan itu lebih kecil dari nilai z tabel yaitu -1,96. Maka hipotesis ditolak artinya ada perbedaan antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan sehingga interaksi sosial siswa mulai berubah sesudah mengikuti konseling kelompok RET pada kelas X-B MA Al-Wasliyah 12 Perbaungan Tahun Ajaran 2015/2016, dapat diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BK 084 |
Keywords: | Konseling Kelompok; Rational EmotiveTherapy; Interaksi Sosial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Nov 2016 03:27 |
Last Modified: | 11 Nov 2016 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21393 |