Sari, Dian (2016) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI TERHADAP ETIKA PERGAULAN PADA SISWA KELAS VIII DI SMP PAB 2 MEDAN HELVETIA TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1122151004 COVER.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
2. NIM 1122151004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (912kB) | Preview
3. DAFTAR RIWAYAT HIDUP NIM 1122151004.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4. NIM 1122151004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
5. NIM 1122151004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
6. NIM 1122151004 DAFTAR IS1.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
7. NIM 1122151004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
8. NIM 1122151004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
9. NIM 1122151004 BAB I.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
13. NIM 1122151004 BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM 1122151004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Adakah pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap etika pergaulan pada siswa kelas VIII di SMP PAB 2 Medan Helvetia Tahun Ajaran 2016/2017.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap etika pergaulan pada siswa kelas VIII di SMP PAB 2 Medan Helvetia Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain pre-test dan post-test. Subjek dalam penelitian ini adalah12 orang siswa yang memiliki etika pergaulan yang rendah, yang akan diberikan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket yaitu menggunakan angket etika pergaulan, Sebanyak 40 butir pernyataan angket etika pergaulan terlebih dahulu diuji cobakan dan dianalisis oleh peneliti untuk mendapatkan angket yang valid dan reliabel. Menjadi 25 butir pernyataan angket etika pergaulan sebagai pengumpul data.
Dari hasil analisis diperoleh data pre-test etika pergaulan siswa rata - rata
= 43,4 termasuk kategori rendah dan Standart Deviasi (SDx) = 45,22, sedangkan hasil analisis data post-test rata-rata = 62,8, termasuk kategori tinggi dan Standart Deviasi (SDY) = 65,5. Teknik uji hipotesis menggunakan rumus uji Wilcoxon (J) diperoleh hasil Jhitung = 0 sedangkan harga Jtabel= 14. Oleh karena itu J(0) < J0,05 (14) dan diperkuat dengan H0 ditolak apabila ZHitung< Z Tabel. Karena nilai ZHitung= -3,061 dan itu lebih kecil dari nilai ZTabel = -1,96. Maka H0 ditolak HI diterima, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap etika pergaulan pada siswa kelas VIII di SMP PAB 2 Medan Helvetia Tahun Ajaran 2016/2017 pada taraf nyata α = 0,05. Hal ini terlihat dari JHitung<JTabel (0 <14) atau Z <Zα/2(-3,061< -1,96). Hipotesis dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BK 096 |
Keywords: | Bimbingan Kelompok;Teknik Diskusi; Etika Pergaulan Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics > BJ1725 Ethics of social groups, classes, etc. Professional ethics L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Nov 2016 04:44 |
Last Modified: | 10 Nov 2016 04:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21384 |