Fadillah, Nur (2016) PENGARUH TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PENYESUAIAN DIRI DENGAN TEMAN SEBAYA DI SEKOLAH PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 PEGAJAHAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123351017 COVER.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
2. NIM. 1123351017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (767kB) | Preview
3. NIM. 1123351017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4. NIM. 1123351017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM. 1123351017 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 1123351017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 1123351017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
12. NIM. 1123351017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
13. NIM. 1123351017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh teknik role playing terhadap penyesuaian diri dengan teman sebaya pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Pegajahan Tahun Ajaran 2015∕2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik role playing terhadap penyesuaian diri dengan teman sebaya pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Pegajahan Tahun Ajaran 2015∕2016.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Eksperimen Semu dengan desain pre test dan post test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 yang berjumlah 30 orang siswa kemudian dijadikan sampel sebanyak 10 orang siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket untuk mengetahui penyesuaian diri terhadap teman sebaya. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan teknik Role Playing. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Wilcoxon.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik role playing berpengaruh terhadap penyesuaian diri siswa dengan teman sebaya kelas VII-2 SMP Negeri 2 Pegajahan Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini diketahui dari hasil Uji Wilcoxon yang dilakukan dengan hasil Jhitung = 0, Dengan α = 0,05 dan n=10, maka berdasarkan daftar, Jtabel = 8. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung < Jtabel. Selain itu diperoleh rata-rata pre test sebesar 46.1 dan rata-rata post test sebesar 58.3 sehingga diperoleh jumlah selisih sebesar 11.4 yang menunjukkan perubahan sebesar (26.4%). Maka H1 diterima dan Ho ditolak berarti ada pengaruh penggunaan teknik role playing terhadap penyesuaian diri siswa dengan teman sebaya pada siswa kelas VII-2 di SMP NEGERI 2 PEGAJAHAN Tahun Ajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BK 052 |
Keywords: | Penyesuaian Diri; Persembahan; Role Playing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB51 Systems of individual educators and writers |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Nov 2016 03:46 |
Last Modified: | 10 Nov 2016 03:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21375 |