Johan (2016) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMK SWASTA TEKNIK KENDARAAN RINGAN DHARMA KARYA KECAMATAN BERINGIN KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1123151022 COVER.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
2. NIM 1123151022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
3. NIM 1123151022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
4. NIM 1123151022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
5. NIM 1123151022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
6. NIM 1123151022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 1123151022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
8. NIM 1123151022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 1123151022 BAB I.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
13. NIM 1123151022 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
14. NIM 1123151022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik problem solving terhadap minat belajar siswa kelas X SMK Swasta Teknik Kendaraan Ringan Dharma Karya Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang tahun ajaran 2015/2016. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik problem solving terhadap minat belajar siswa kelas X SMK Swasta Teknik Kendaraan Ringan Dharma Karya Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang tahun ajaran 2015/2016. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan pemberian layanan bimbingan kelompok teknik problem solving terhadap minat belajar siswa kelas X SMK Swasta Teknik Kendaraan Ringan Dharma Karya Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang tahun ajaran 2015/2016. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan pre-test post-test group design, subjek penelitian adalah siswa yang memiliki minat belajar rendah berjumlah 8 siswa. Alat pengumpul data dilakukan melalui pemberian angket (kuesioner). Analisa data adalah uji wilcoxon untuk melihat perubahan yang terjadi sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hasil penelitian memperoleh rata-rata pre-test kelompok eksperimen sebesar 92,1 dan rata-rata post-test sebesar 109,1. Hasil uji wilcoxon menunjukkan T(0) <T0,05(4). Dengan demikian berarti H1 diterima dan Ho ditolak. Hal ini diperkuat dengan nilai Zhitung < Ztabel, yaitu -2,52< -1,96, sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pemberian layanan bimbingan kelompok teknik problem solving terhadap minat belajar siswa kelas X SMK Swasta Teknik Kendaraan Ringan Dharma Karya Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang tahun ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BK 072 |
Keywords: | Minat Belajar; Layanan Bimbingan Kelompok; Teknik Problem Solving |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Nov 2016 03:17 |
Last Modified: | 10 Nov 2016 03:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21369 |