Loliana, Selvy (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN KOOPERATIF LEARNING TIPE STAD TERHADAP MINAT DAN KETERAMPILAN PROSES BIOLOGI SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMP SWASTA TUNAS BANGSA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146174039 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 8146174039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
3. NIM. 8146174039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
4. NIM. 8146174039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
5. NIM. 8146174039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
6. NIM. 8146174039 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 8146174039 ILLUTRATION.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 8146174039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
12. NIM. 8146174039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
13. NIM. 8146174039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap: (1) minat siswa (2) keterampilan proses sains di kelas VII SMP Swasta Tunas Bangsa. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas yang ditentukan secara total sampling. Kelas VII-1 dibelajarkan dengan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing, kelas VII-2 dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dan kelas VII-3 dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan instrument tes hasil minat, instrument keterampilan proses sains dengan menggunakan tes essay test. Teknik analisis data menggunakan Analisis Varians (Anava) pada taraf signifikan α = 0,05 dengan bantuan SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap hasil minat siswa (F = 11,616; P = 0,000). Hasil minat siswa yang dibelajarkan dengan model inkuiri terbimbing (89,3 ± 4,9) signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan model kooperatif tipe STAD (86,6 ± 4,4) maupun model konvensional (83,2 ± 4,7) (2) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap keterampilan proses sains (F = 11,580; P = 0,000). Keterampilan proses sains yang dibelajarkan dengan inkuiri terbimbing (88,4 ± 6,7) signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan model kooperatif tipe STAD (87,2 ± 7,1) maupun model konvensional (85,8 ± 6,3).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 577.071 Lol p |
Keywords: | Pembelajaran inkuiri terbimbing; Kooperatif tipe STAD; Minat siswa; Keterampialn proses sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 Nov 2016 02:27 |
Last Modified: | 10 Nov 2016 02:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21360 |