Rambe, Septia Kharani (2016) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK METODE LATIHAN TRIAD TERHADAP PENINGKATAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS X-4 ADP SMK SWASTA HARAPAN STABAT TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.11213151036.COVER.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
2. NIM.11213151036 LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
3. NIM.11213151036 DAFTAR RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
4. NIM.11213151036 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
5. NIM.11213151036 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
6. NIM.11213151036 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
7. NIM.11213151036 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM.11213151036 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM.11213151036 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
10. NIM.11213151036 BAB I.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
14. NIM.11213151036 BAB V.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
15. NIM.11213151036 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan
kelompok dengan metode latihan triad terhadap peningkatan interaksi sosial siswa
kelas X-4 ADP SMK Swasta Harapan Stabat Tahun Ajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan One Group
Pre-test Post-test Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-4 ADP SMK
Swasta Harapan Stabat yang berjumlah 9 orang siswa, yang ditentukan dari hasil
pre-test. Instrumen yang digunakan adalah angket interaksi sosial untuk menjaring
data tentang interaksi sosial siswa yang sebelumnya diujicobakan untuk
mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Instrumen diberikan sebelum dan
sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok metode latihan triad. Teknik
analisis data menggunakan uji tanda wilcoxon.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh layanan bimbingan
kelompok metode latihan triad terhadap interaksi sosial siswa diperoleh nilai ratarata
pre-test = 73 dan Standar Deviasi (SD) = 10,8 sedangkan nilai rata-rata posttest
= 85 dan Standar Deviasi (SD) = 5,5 dengan demikian pemberian layanan
bimbingan kelompok metode latihan triad dapat meningkatkan interaksi sosial
siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji wilcoxon yang menunjukkan bahwa pada
uji jumlah jenjang wilcoxon diperoleh hasil perhitungan jumlah jenjang bertanda
positif = 45 dan jumlah jenjang bertanda negatif = 0. Jadi, nilai J= 0 yaitu jumlah
jenjang yang lebih kecil. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda
wilcoxon untuk n = 9, α = 0,05 pengujian dua arah J0,05 = 6. Oleh karena
J0,05(6)>J(0) maka H0 ditolak. Ini berarti bahwa interaksi sosial siswa antara
sebelum dan sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok metode latihan
triad tidaklah sama, dalam hal ini siswa yang telah mendapatkan pemberian
layanan bimbingan kelompok metode latihan triad mempunyai interaksi sosial
yang lebih tinggi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BK 039 |
Keywords: | Interaksi Sosial Siswa; Bimbingan Kelompok;Metode Latihan Triad |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Nov 2016 07:59 |
Last Modified: | 09 Nov 2016 07:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21357 |