Arif, Muhammad (2016) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK LATIHAN ASERTIF TERHADAP PENINGKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS X SMK SWASTA HARAPAN STABAT TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1121151004 Cover.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. NIM. 1121151004 Lembar Persetujuan Dan Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 1121151004 Daftar Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4. NIM. 1121151004 Abstrak.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
5. NIM. 1121151004 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
6. NIM. 1121151004 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM. 1121151004 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
8. NIM. 1121151004 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
9. NIM. 1121151004 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
10. NIM. 1121151004 BAB I.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
14. NIM. 1121151004 BAB V.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
15. NIM. 1121151004 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok teknik latihan asertif terhadap peningkatan komunikasi interpersonal siswa kelas X SMK Swasta Harapan tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan metode latihan asertif terhadap peningkatan komunikasi interpersonal siswa kelas X SMK Swasta Harapan Stabat tahun ajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan One Group pre-test post-test Design. Subjek penelitian ini adalah 10 siswa kelas X SMK Swasta Harapan Stabat yang ditentukan dari hasil screening (penyaringan) dengan langkah-langkah sebagai berikut : (1). bertanya kepada guru BK atau guru bidang studi , (2) member angket kepada siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik latihan asertif, (3) melihat hasil siswa yang mengalami penyesuaian diri rendah dari hasil angket (4) jika sampel lebih dari 10 orang, maka dilakukan random sampling. Namun jika ada 10 siswa maka tidak perlu dilakukan random sampling. Instrument yang digunakan adalah angket peningkatan komunikasi interpersonal untuk menjaring data tentang komunikasi interpersonal siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reabilitas angket. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pemberian layanan bimbingan kompok teknik latihan asertif. Teknik analisis data menggunakan uji tanda wilcoxon.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok teknik latihan asertif terhadap peningkatan komunikasi interpersonal siswa diperoleh nilai rata-rata pre-test = 77,8 dan Standart Deviasi (SD) = 17,47 sedangkan nilai rata-rata post-test = 104,3 dan Standar Deviasi (SD) = 9,98 dengan demikian pemberian layanan bimbingan kelompok teknik latihan asertif dapat meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Hai ini dapat dilihat dari hasil uji wilcoxon yang menunjukkan bahwa pada uji jumlah jenjang wilcoxon diperoleh hasil perhitungan jumlah jenjang bertanda positif = 55 dan jumlah jenjang bertanda negatif = 0. Jadi, nilai J= 0 yaitu jumlah jenjang yang lebih kecil. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda wilcoxon untuk n= 10, α = 0,05 penguji dua arah J0,05 = 8. Oleh karena J0,05 (8) > J (0) maka H0 ditolak. Ini berarti bahwa komunikasi interpersonal siswa antara sebelum dan sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok teknik latihan asertif tidaklah sama, dalam hal ini siswa yang telah mendapatkan layanan bimbingan kelompok teknik latihan asertif mempunyai komunikasi interpersonal yang lebih tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BK 081 |
Keywords: | Peningkatan Komunikasi Interpersonal; Bimbingan Kelompok; Teknik Latihan Asertif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Nov 2016 07:43 |
Last Modified: | 09 Nov 2016 07:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21353 |