Lisa, Mei (2016) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK LATIHAN ASERTIF TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VII MTS. MIFTAHUSSALAM MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123351015 Cover.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
2. NIM. 1123351015 Pengesahan.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
3. NIM. 1123351015 Daftar Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
4. NIM. 1123351015 Abstrak.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
5. NIM. 1123351015 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 1123351015 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
7. NIM. 1123351015 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
8. NIM. 1123351015 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
9. NIM. 1123351015 BAB I.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
13. NIM. 1123351015 BAB V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14. NIM. 1123351015 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Adakah pengaruh layanan
bimbingan kelompok dengan teknik latihan asertif terhadap penyesuain diri siswa
kelas VII MTs. Miftahussalam Medan tahun ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian
ini untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik
latihan asertif terhadap penyesuaian diri siswa kelas VII MTs. Miftahussalam
Medan tahun ajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan One Group
pre-test post-test Design. Subjek penelitian ini adalah 10 siswa kelas VII MTs.
Miftahussalam Medan yang ditentukan dari hasil screening (penyaringan).
instrument yang digunakan adalah angket penyesuaian diri untuk menjaring data
tentang penyesuaian diri siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui
validitas dan reabilitas angket. Instrument diberikan sebelum dan sesudah
pemeberian layanan bimbingan kompok dengan teknik latihan asertif. Teknik
analisis data menggunakan uji tanda wilcoxon.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh layanan bimbingan
kelompok dengan teknik latihan asertif terhadap penyesuaian diri siswa diperoleh
nilai rata-rata pre-test = 53 dan Standart Deviasi (SD) = 9,498 sedangkan nilai
rata-rata post-test = 78,5 dan Standar Deviasi (SD) = 10,07 dengan demikian
pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik latihan asertif dapat
meningkatkan penyesuaian diri siswa. Hai ini dapat dilihat dari hasil uji wilcoxon
yang menunjukkan bahwa pada uji jumlah jenjang wilcoxon diperoleh hasil
perhitungan jumlah jenjang bertanda positif = 55 dan jumlah jenjang bertanda
negative = 0. Jadi, nilai J= 0 yaitu jumlah jenjang yang lebih kecil. Dari tabel nilai
kritis J untuk uji jenjang bertanda wilcoxon untuk n= 10, α = 0,05 penguji dua
arah J0,05 = 6,5. Oleh karena J0,05 (6,5) > J (0) maka H0 ditolak. Ini berarti bahwa
penyesuaian diri siswa antara sebelum dan sesudah pemberian layanan bimbingan
kelompok dengan teknik latihan asertif tidaklah sama, dalam hal ini siswa yang
telah mendapatkan pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik
latihan asertif mempunyai penyesuaian diri yang lebih tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BK 038 |
Keywords: | Penyesuaian Diri Siswa; Bimbingan Kelompok;Teknik Latihan Asertif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Nov 2016 07:36 |
Last Modified: | 09 Nov 2016 07:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21352 |