Sinaga, Indra (2016) PENGARUH KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN BEHAVIORAL TEKNIK SHAPING TERHADAP KEBIASAAN TERLAMBAT HADIR KE SEKOLAH SISWA SMA NEGERI 2 LUBUK PAKAM T.A 2015 – 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1_1123151021_COVER.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
2_1123151021_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (949kB) | Preview
3_1123151021_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
4_1123151021_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
5_1123151021_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
6_1123151021_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
7_1123151021_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8_1123151021_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
9_1123151021_BAB I.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
13_1123151021_BAB V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
14_1123151021_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh konseling kelompok pendekatan behavioral teknik shaping terhadap kebiasaan terlambat hadir ke sekolah siswa SMA Negeri 2 Lubuk Pakam tahun ajaran 2015 / 2016. Tujuannya adalah mengetahui pengaruh konseling kelompok pendekatan behavioral teknik shaping terhadap kebiasaan terlambat hadir ke sekolah siswa SMA Negeri 2 Lubuk Pakam. Hipotesis adalah ada pengaruh yang signifikan konseling kelompok pendekatan behavioral dengan teknik shaping terhadap kebiasaan terlambat hadir ke sekolah siswa SMA Negeri 2 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2015/2016.
Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan pre test – post test group design, subjek penelitian adalah siswa yang memiliki kebiasaan terlambat hadir ke sekolah yang berjumlah 10 siswa dalam kelompok perlakuan dan 10 siswa dalam kelompok kontrol. Alat pengumpul data dilakukan dengan pemberian kuesioner (angket). Analisa data adalah uji wilcoxon untuk melihat perubahan yang terjadi sebelum dan sesudah diberikan perlakuan.
Hasil penelitian memperoleh rata – rata pre test kelompok perlakuan sebesar 63,1 dan rata – rata post test 43,2. Dari hasil uji hipotesis diperoleh Zhitung < Ztabel pada taraf signifikansi 5% atau α = 0,05 yakni -2,803<-1,96, maka nilai rata – rata postest kelompok perlakuan signifikan. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, menunjukan ada perubahan perilaku siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan konseling kelompok pendekatan behavioral teknik shaping, maka dapat disimpulkan melalui konseling kelompok pendekatan behavioral teknik shaping dapat mengurangi perilaku kebiasaan terlambat hadir siswa ke sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BK 035 |
Keywords: | Terlambat Hadir Ke Sekolah; Konseling Kelompok; Pendekatan Behavioral; Teknik Shaping. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Nov 2016 07:12 |
Last Modified: | 09 Nov 2016 07:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21347 |