Darwin., Muhammad Riza (2016) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP MEMINIMALISIR KECEMASAN SISWA DALAM PERENCANAAN KARIR SISWA SMP NEGERI 1 BATANG KUIS T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM.1123151023 COVER.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
2.NIM.1123151023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3.NIM.1123151023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4.NIM.1123151023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
5.NIM.1123151023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
6.NIM.1123151023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
7.NIM.1123151023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
8.NIM.1123151023 BAB I.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
12.NIM.1123151023 BAB V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
13.NIM.1123151023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah pengaruh pemberian layanan
bimbingan kelompok teknik problem solving terhadap meminimalisir kecemasan
siswa dalam perencanaan karir di kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Kuis tahun
ajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan
bimbingan kelompok teknik problem solving terhadap meminimalisir kecemasan
siswa dalam perencanaan karir di SMP N 1 Batang Kuis T.A 2015-2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy
experiment).dengan desain pre-test dan post-test. Subjek penelitian adalah siswa
kelas VIII-2 yang berjumlah 9 orang. Instrumen pengumpulan data dengan
menggunakan angket yaitu menggunakan angket kecemasan siswa siswa dalam
perencanaan karir, yang sebanyak 46 butir pernyataan angket kecemasan siswa
dalam perencanaan karir terlebih dahulu diuji cobakan dan dianalisis oleh peneliti
untuk mendapatkan angket yang valid dan reliabel. Dan menjadi 37 butir
pernyataan angket kecemasan siswa dalam perencanaan karir sebagai pengumpul
data.. Teknik analisis data menggunakan uji t.
Dari hasil analisis data pre-test yang diperoleh dari hasil penelitian dengan
jumlah responden 9 orang siswa memiliki kategori rendah. Ditemukan skor
tertinggi 71 dan skor terendah 54, dengan rata- rata (M) = 62,5 dan standar deviasi
(SD) 66,3 dan dari hasil analisis data post-test yang diperoleh dari hasil penelitian
dengan jumlah responden 9 orang siswa memiliki kategori tinggi. Ditemukan skor
tertinggi 98 dan skor terendah 85, dengan rata- rata (M) = 91,2 dan standar deviasi
(SD) 96,2. Yang dilihat Kecemasan siswa dalam perencanaan karir, dalam hal ini
kategori yang diambil adalah kategori rendah dari hasil skor pre-tes yaitu dalam
arti memiliki tingkat kecemasan yang tinggi, dan begitu juga sebaliknya yang
memiliki kategori tinggi dari hasil post-test dalam arti memiliki tingkat
kecemasan yang rendah. Maka dari itu hasil kesimpulan penelitian menunjukkan
bahwa thitung = 7,1039 untuk responden sebanyak 9 orang diperoleh ttabel 1,860,
tampak bahwa thitung > ttabel. Maka hipotesa alternatif yang diajukan diterima pada
signifikan taraf 0,05%. Data pre-test diperoleh rata-rata mean 62,5 sedangkan
rata-rata post-test 91,2. Artinya 1) Kecemasan siswa dalam perencanaan karir di
kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Batang Kuis sebelum mendapat layanan Bimbingan
kelompok teknik Problem Solving cenderung kategori rendah, 2) Kecemasan
siswa dalam perencanaan karir di kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Batang Kuis, setelah
mendapat bimbingan kelompok teknik Problem Solving cenderung kategori
tinggi, 3) ada pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan bimbingan kelompok
teknik Problem Solving terhadap meminimalisir kecemasan siswa dalam
perencanaan karir di kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Batang Kuis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BK 098 |
Keywords: | Kecemasan siswa;; Perencanaan Karir; Bimbingan Kelompok Teknik Problem Solving. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Nov 2016 05:02 |
Last Modified: | 09 Nov 2016 05:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21336 |