PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEMAN SEBAYA MENGGUNAKAN TEKNIK REALITA TERHADAP INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Kelana, Fajaruddin (2016) PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEMAN SEBAYA MENGGUNAKAN TEKNIK REALITA TERHADAP INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM 1123351007 COVER.pdf]
Preview
Text
1.NIM 1123351007 COVER.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM.1123351007 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
2.NIM.1123351007 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (853kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM 1123351007 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3.NIM 1123351007 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM 1123351007 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4.NIM 1123351007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM 1123351007 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5.NIM 1123351007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 6.NIM 1123351007 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6.NIM 1123351007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 7.NIM 1123351007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7.NIM 1123351007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8.NIM 1123351007 BAB 1.pdf]
Preview
Text
8.NIM 1123351007 BAB 1.pdf - Published Version

Download (497kB) | Preview
[thumbnail of 12.NIM 1123351007 BAB 5.pdf]
Preview
Text
12.NIM 1123351007 BAB 5.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 13.NIM 1123351007 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13.NIM 1123351007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini : Adakah Pengaruh Konseling Kelompok Teman Sebaya Menggunakan Teknik Realita Terhadap Interaksi Sosial Mahasiswa Universitas Negeri Medan Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok teman sebaya menggunakan teknik realita terhadap interaksi sosial mahasiswa Univeristas Negeri Medan Tahun Ajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain pre-test dan post-test. Subjek dalam penelitian ini adalah 9 orang mahasiswa yang memiliki interaksi sosial rendah, yang akan diberikan layanan konseling kelompok teman sebaya dengan menggunakan teknik realita. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket interaksi sosial, sebanyak 40 butir pernyataan angket interaksi sosial terlebih dahulu diujicobakan dan dianalisis oleh peneliti untuk mendapatkan angket yang valid dan realiabel. Dan menjadi 24 butir pernyataan angket interaksi sosial sebagai pengumpul data.
Dari hasil analisis diperoleh data pre-test mahasiswa rata-rata = 38,6 termasuk kategori rendah dan Standart Deviasi (SDx) = 40,86, sedangkan hasil data post-test rata-rata = 53,8 termasuk kategori tinggi dan Standart Deviasi (SDy) = 56,88. Teknik uji hipotesis menggunakan rumus uji Wilcoxon (J) yang memperoleh hasil Jhitung = 19.5 sedangkan harga Jtabel = 6. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n = 9, α = 0,05 pengujian dua arah J0,05 = 6. Oleh karena J (19.5 > 6 ). Sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel. Dengan demikian dinyatakan ada pengaruh pemberian layanan konseling kelompok teman sebaya menggunakan teknik realita terhadap interaksi sosial mahasiswa Universitas Negeri Medan 2015/2016. Dengan kata lain hipotesis diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 BK 032
Keywords: Konseling Kelompok Teman Sebaya; Teknik Realita; Interaksi Sosial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Nov 2016 04:50
Last Modified: 09 Nov 2016 04:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21333

Actions (login required)

View Item
View Item