Lumbangaol, Elia Nopianti (2016) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP PERILAKU BOLOS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 HARIAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1123151013 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM. 1123151013 LEMBAR PERSETUJUAN SIDANG.pdf - Published Version
Download (923kB) | Preview
3. NIM 1121151002 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM. 1123151013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
5. NIM. 1123151013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
6. NIM. 1123151013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
7. NIM. 1123151013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
8. NIM. 1123151013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1123151013 BAB I.pdf - Published Version
Download (658kB) | Preview
13. NIM. 1123151013 BAB V.pdf - Published Version
Download (523kB) | Preview
14. NIM. 1123151013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh pemberian layanan Bimbingan Kelompok teknik problem solving terhadap perilaku bolos siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Harian Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan Bimbingan Kelompok Teknik Problem Solving Terhadap Perilaku Bolos Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Harian, Samosir T. A 2015/2016.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari 10 orang siswa yang diperoleh dari data guru BK. Instrument yang digunakan adalah angket dengan menggunakan skala likert untuk mengetahui tingkat perilaku bolos siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik problem solving. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik problem solving berpengaruh terhadap perilaku bolos siswa SMP Negeri 3 Harian T. A 2015/2016. Hal ini dapat dilihat dari hasil Uji Wilcoxon yang dilakukan diperoleh Jhitung = 27,5, dengan α = 0,05 dan n = 10, maka berdasarkan daftar, Jtabel = 8. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung lebih besar dari Jtabel, maka Hipotesis (H0) diterima, artinya ada perbedaan antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan sehingga perilaku bolos siswa menurun sebesar 47.43 persen sesudah mengikuti pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik problem solving di SMP Negeri 3 Harian, Samosir, T. A 2015/201
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BK 034 |
Keywords: | Bimbingan Kelompok; Problem Solving; Perilaku Bolos |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Nov 2016 04:45 |
Last Modified: | 09 Nov 2016 04:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21332 |