Siregar, Rizky Yusrina (2016) MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PERBAUNGAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1123351020 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM 1123351020 Lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (812kB) | Preview
3. NIM 1123351020 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. NIM 1123351020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
5. NIM 1123351020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
6. NIM 1123351020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
7. NIM 1123351020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 1123351020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. NIM 1123351020 BAB I.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
13. NIM 1123351020 BAB V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14. NIM 1123351020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah melalui layanan bimbingan kelompok teknik role playing dapat meningkatkan interaksi sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Perbaungan T.A 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk membantu meningkatkan interaksi sosial siswa melalui layanan bimbingan kelompok teknik role playing pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Perbaungan T.A 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian PTBK (Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling) dengan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi. Pengumpulan data untuk menjaring siswa yang memiliki interaksi sosial rendah dengan menggunakan angket interaksi sosial, dalam bentuk skala ordinal dengan bentuk skala likert. Subjek dari penelitian ini adalah 6 orang siswa yang memiliki hubungan interaksi sosial siswa yang rendah. Analisa data digunakan dengan tekhnik analisis persentase.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hubungan interaksi sosial siswa sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok teknik role playing. Pada siklus I hasil peningkatan interaksi sosial siswanya sebesar 50 %. Dan pada siklus II hasiln peningkatan interaksi sosial siswanya semakin membaik menjadi 83,3 %. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan dapat diterima yaitu dengan melaksanakan layanan bimbingan kelompok role playing dapat meningkatkan interaksi sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Perbaungan T.A 2015/2016.”
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BK 051 |
Keywords: | Interaksi Sosial Siswa; Bimbingan Kelompok; Teknik Role Playing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Nov 2016 04:02 |
Last Modified: | 09 Nov 2016 04:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21324 |