KOMPETENSI KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN DI SMK YASPI LABUHAN DELI

Ridhawaty, Marhamah (2006) KOMPETENSI KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN DI SMK YASPI LABUHAN DELI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 035030217- Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
035030217- Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (620kB) | Preview
[thumbnail of 035030217- Abstrak.pdf]
Preview
Text
035030217- Abstrak.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview
[thumbnail of 035030217- Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
035030217- Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (627kB) | Preview
[thumbnail of 035030217- Bab I.pdf]
Preview
Text
035030217- Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 035030217- Bab V.pdf]
Preview
Text
035030217- Bab V.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 035030217- Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
035030217- Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi kepemimpinan kepala sekolah di SMK YASPI Labuhan Deli. Fokus penelitian adalah bagaimana kompetensi kepala sekolah dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan: 1) Kompetensi Teknis (Technical Skills), 2) Kompetensi Manusiawi (Human Skills), 3) Kompetensi Konseptual (Conceptual Skills).Metode penelitian menggunakan penelitian analisis deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif dan tidak (diajukan untuk menguji hipotesis, melainkan untuk menggali berbagai fenomena yang berkaitan dengan kepemimpinan kepala sekolah. Narasumber penelitian ini antara lain kepala sekolah, wakil kepala sekolah, kepala tata usaha sekolah, bendahara sekolah, guru dan pegawai sekolah. Pengumpulan data penelitian diperoleh dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Validasi data digunakan dengan triangulasi, penggunaan bahan referensi dan mengadakan sumber chek.Temuan penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kepemimpinan kepala sekolah yang berkualitas kenyataannya didukung oleh tiga kompetensi yakni :1. Kompetensi Teknis, kemampuan kepala sekolah untuk mengamati aspek¬aspek teknis pendidikan dan pengajaran. Keberhasilan sekolah diperlukan adanya kepemimpinan yang berkualitas dan mewujudkan kompetensi teknis pada sekolah yang dipimpin.2. Kompetensi Manusiawi, mengamati aspek-aspek sosial dalam hubungannya dengan tugas sebagai sebagai kepala sekolah baik dalam lingkungan internal sekolah rnaupun lingkungan eksternal sekolah. Kompetensi manusiawi ini sangat dibutuhkan oleh kepala sekolah kejuruan untuk lebih mendekatkan diri kepada guru maupun pegawai sekolah, hubungan yang dibina dan keterbukaan serta saling percaya yang menjadi kunci keberhasilan suatu sekolah yang dipimpinnya.3. Kompetensi Konseptual menggambarkan kemampuan kepala sekolah yang didasarkan pada landasan konseptual. Kompetensi ini berkenaan dengan kemampuan kepala sekolah sebagai pemimpin untuk memikirkan bagaimana meningkatkan efektifitas melalui penciptaan ide-ide kreatif dan inovatif yang dapat dilaksanakan baik pada masa kini maupun di masa yang akan datang.Berdasarkan kompetensi tersebut, menggambarkan pada sebuah kesimpulan bahwa kompetensi kepemimpinan kepala sekolah secara bermakna memberikan kontribusi nyata terhadap penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas dan terciptanya azas kekeluargaan yang kuat di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.207 Rid k
Keywords: Technical skills; Human skils; conceptual skills; Kompetensi kepemimpinan pendidikan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 27 May 2016 04:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2119

Actions (login required)

View Item
View Item