Silalahi, Masniari Fitriyanti (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE IOC (INSIDE OUTSIDE CIRCLE ) TERHADAP HASIL BELAJAR LAGU NUSANTARA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (805kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
8. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (459kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe IOC (Inside Outside Circle) terhadap hasil belajar lagu nusantara siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Lubuk Pakam.
Penelitian ini berdasarkan pada landasan teoritis yang menjelaskan model pembelajaran Kooperatif Tipe IOC (Inside Outside Circle), model konvensional, hasil belajar, dan Lagu nusanatara beserta hipotesis
Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Jenis penelitian ini adalah True Experimental Design dengan desain Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Lubuk Pakam yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 36 orang dan kelas VIII6 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk pilihan berganda berjumlah 25 dan 20 butir soal yang telah dinyatakan valid untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yang telah diujikan di SMP Negeri 1 Gunung Meriah.
Kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe IOC (Inside Outside Circle)) dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional (langsung). Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 78,056 dan kelas kontrol 66,818. Hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh thitung > ttabel maka Ha diterima, sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 16,81% pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe IOC (Inside Outside Circle) terhadap hasil belajar siswa pada materi lagu nusanatara siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Lubuk Pakam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSK 061 |
Keywords: | Lagu Nusanatara;Hasil Belajar; Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > M Music > M1495 Vocal music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Nov 2016 03:38 |
Last Modified: | 05 Nov 2016 03:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21176 |