Sitorus, Ade Yohana (2016) PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER VOKAL PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (TUNAGRAHITA) DI UPT SLB-E NEGERI PEMBINA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. ADE YOHANA SITORUS 2113340001 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. ADE YOHANA SITORUS 2113340001 LEMBAR PERNYATAAN DAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
3. ADE YOHANA SITORUS 2113340001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4. ADE YOHANA SITORUS 2113340001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
5. ADE YOHANA SITORUS 2113340001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
6. ADE YOHANA SITORUS 2113340001 DAFTAR GAMBAR DAN TABEL.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
7. ADE YOHANA SITORUS 2113340001 BAB I.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
11. ADE YOHANA SITORUS 2113340001 SKRIPSI BAB V.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
12. ADE YOHANA SITORUS 2113340001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Pembelajaran Ekstrakurikuler Vokal Pada Anak
Berkebutuhan Khusus (tunagrahita) Di UPT SLB-E Negeri Pembina Medan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran
ekstrakurikuler vokal pada anak berkebutuhan khusus (tunagrahita) di UPT SLBE
Negeri Pembina Medan, untuk mengetahui metode dalam pembelajaran
ekstrakurikuler vokal pada anak berkebutuhan khusus (tunagrahita) di UPT SLBE
Negeri Pembina Medan, untuk mengetahui bahan meteri yang digunakan dalam
pembelajaran ekstrakurikuler vokal pada anak berkebutuhan khusus (tunagrahita)
di UPT SLB-E Negeri Pembina Medan, untuk mengetahui hasil pembelajaran
ekstrakurikuler vokal pada anak berkebutuhan khusus di UPT SLB-E Negeri
Pembina Medan, untuk mengetahui faktor penghambat dalam pembelajaran
ekstrakurikuler vokal pada anak berkebutuhan khusus di UPT SLB-E Negeri
Pembina Medan.
Penelitian berdasarkan landasan teoritis yang menjelaskan teori
pembelajaran, teori hasil pembelajaran, teori metode pembelajaran, teori
ekstrakurikuler, teori vokal, dan teori anak berkebutuhan khusus.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sampel
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran
ekstrakurikuler vokal yang berjumlah 8 orang dan 1 guru. Pengumpulan data ini
dilakukan dengan metode observasi atau pengamatan, wawancara, dokumentasi
dan kajian pustaka.
Setelah keseluruhan data terkumpul, kemudian dianalisis untuk menjawab
seluruh pertanyaan penelitian. Proses pembelajaran ekstrakurikuler dilakukan
setiap hari sabtu mulai pukul 11.00 wib sampai pukul 12.00 wib. Dalam
pembelajaran guru menerangkan sambil mempraktikan kepada siswa.Metode yg
digunakan adalah metode ceramah, demonstrasi, latihan dan praktik langsung. Di
dalam proses pembelajaran ekstrakurikuler vokalbahan materi yang digunakan
adalah lagu Nasional yaitu Indonesia Raya dan Garuda Pancasila.Siswa/siswi
tunagrahita dikatakan mampu jika dapat bernyanyi dengan tingkat penglafalan
baik, dan bernyanyi dengan artikulasi yang benar. Hasil pembelajaran
ekstrakurikuler vokal mendapat tingkat keberhasilan yang baik terlihat dari
penampilan-penampilan yg diikut sertakan oleh siswa/i tersebut. Faktor internal
yang berasal dari dalam diri siswa/i tunagrahita menjadi penghambat dalam proses
pembelajaran ekstrakurikuler vokal di UPT SLB-E Negeri Pembina Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSK 068 |
Keywords: | Pembelajaran;Ekstrakurikuler; vokal |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC47 Private school education M Music and Books on Music > M Music > M1495 Vocal music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Nov 2016 03:28 |
Last Modified: | 05 Nov 2016 03:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21174 |