Siregar, Indah Gustianingsih (2016) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN VARIASI TERHADAP HASIL BELAJAR TORTOR HATA SOPISIK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 132403 TANJUNGBALAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2113142030 COVER.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2. NIM. 2113142030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
3. NIM. 2113142030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM. 2113142030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
5. NIM. 2113142030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM. 2113142030 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 2113142030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 2113142030 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 2113142030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (512kB) | Preview
13. NIM. 2113142030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 2113142030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan variasi terhadap hasil belajar tortor Hata Sopisik siswa kelas IV SD Negeri 132403 Tanjungbalai.
Dalam pembahasan ini menggunakan teori-teori yang berhubungan dengan topik penelitian yaitu teori pembelajaran, hasil belajar, dan pendekatan variasi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 34 orang siswa yang merupakan siswa kelas IV SD Negeri 132403 Tanjungbalai. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes praktik tari.
Dari perolehan data diketahui bahwa hasil belajar tortor Hata Sopisik siswa kelas IV SD Negeri 132403 Tanjungbalai sebelum menerapkan pendekatan variasi masuk ke dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata = 58,76 dan standar deviasi = 6,58. Sedangkan hasil belajar tortor Hata Sopisik siswa kelas IV SD Negeri 132403 Tanjungbalai setelah menerapkan pendekatan variasi masuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata = 76,94 dan standar deviasi = 8,50. Selanjutnya uji data kedua hasil diatas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah t0 sebesar 9,722. Setelah t0 diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=34-1=33 diperoleh taraf signifikasi 5% = 1,692. Karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 9,722>1,692, maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pendekatan variasi terhadap hasil belajar tortor Hata Sopisik siswa kelas IV SD Negeri 132403 Tanjungbalai
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 TARI 026 |
Keywords: | Pembelajaran; Hasil Belajar;Pendekatan Variasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education M Music and Books on Music > ML Literature on music > ML3400 Dance music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Nov 2016 09:54 |
Last Modified: | 04 Nov 2016 09:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21163 |