PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN VARIASI TERHADAP HASIL BELAJAR TORTOR HATA SOPISIK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 132403 TANJUNGBALAI

Siregar, Indah Gustianingsih (2016) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN VARIASI TERHADAP HASIL BELAJAR TORTOR HATA SOPISIK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 132403 TANJUNGBALAI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 2113142030 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 2113142030 COVER.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 2113142030 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 2113142030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (534kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 2113142030 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 2113142030 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 2113142030 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 2113142030 PREFACE.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 2113142030 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 2113142030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 2113142030 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 2113142030 TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 2113142030 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 2113142030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 2113142030 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 2113142030 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 2113142030 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 2113142030 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (512kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 2113142030 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 2113142030 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 2113142030 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 2113142030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan variasi terhadap hasil belajar tortor Hata Sopisik siswa kelas IV SD Negeri 132403 Tanjungbalai.
Dalam pembahasan ini menggunakan teori-teori yang berhubungan dengan topik penelitian yaitu teori pembelajaran, hasil belajar, dan pendekatan variasi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 34 orang siswa yang merupakan siswa kelas IV SD Negeri 132403 Tanjungbalai. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes praktik tari.
Dari perolehan data diketahui bahwa hasil belajar tortor Hata Sopisik siswa kelas IV SD Negeri 132403 Tanjungbalai sebelum menerapkan pendekatan variasi masuk ke dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata = 58,76 dan standar deviasi = 6,58. Sedangkan hasil belajar tortor Hata Sopisik siswa kelas IV SD Negeri 132403 Tanjungbalai setelah menerapkan pendekatan variasi masuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata = 76,94 dan standar deviasi = 8,50. Selanjutnya uji data kedua hasil diatas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah t0 sebesar 9,722. Setelah t0 diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=34-1=33 diperoleh taraf signifikasi 5% = 1,692. Karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 9,722>1,692, maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pendekatan variasi terhadap hasil belajar tortor Hata Sopisik siswa kelas IV SD Negeri 132403 Tanjungbalai

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 TARI 026
Keywords: Pembelajaran; Hasil Belajar;Pendekatan Variasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
M Music and Books on Music > ML Literature on music > ML3400 Dance music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Nov 2016 09:54
Last Modified: 04 Nov 2016 09:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21163

Actions (login required)

View Item
View Item