Ningsih,, Cici Suciska (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN TARI BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP KREATIVITAS SENI TARI SISWA SMP PAB 2 HELVETIA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2123340006 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM. 2123340006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 2123340006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4. NIM. 2123340006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
5. NIM. 2123340006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. NIM. 2123340006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7. NIM. 2123340006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
8. NIM. 2123340006 BAB I.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
12. NIM. 2123340006 BAB V.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
13. NIM. 2123340006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran tari
berbasis multimedia terhadap kreatifitas seni tari siswa SMP PAB 2 Helvetia
Medan Semester 1, T.A 2016/2017.
Dalam Pembahasan ini menggunakan teori-teori yang berhubungan
dengan topik penelitian yaitu teori pengaruh, pembelajaran, metode pembelajaran,
media pembelajaran, multimedia, audio, visual, audiovisual, internet,
pembelajaran tari, seni tari, dan kreatifitas.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif
.Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah uji t. Uji t digunakan
untuk mengetahui apakah kedua variabel tersebut memiliki konstribusi yang
signifikan atau tidak. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP PAB 2
Helvetia Medan Semester 1 T.A 2016/2017. Dari populasi ini diambil sampel
yaitu siswa kelas VIII SMP PAB 2 Helvetia Medan yang berjumlah 35
siswa.Penelitianinidigunakanpadakelas pretest dan posttest.
. Dari perolehan data diketahui bahwa kemampuan siswa mengenai
pembelajaran tari sebelum menggunakan multimedia berada Dalam kategori
cukup dengan nilai rata-rata = 64,35 dan standart deviasi = 9,40. Kemampuan
siswa setelah menggunakan multimedia berada dalam kategori baik dengan nilai
rata-rata = 72,95 dan standart deviasi 9,76. Berdasarkan hasil perhitungan uji
normalitas menunjukkan bahwa data pretest dan data posttest berdistribusi
normal. Hasil uji homogenitas membuktikan bahwa sampel berasal dari populasi
yang homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”.Hasil
perhitungan uji “t” diperoleh thitung lebih besar dari ttabel yaitu 3,69>2,00, maka
hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Hal ini
membuktikan bahwa pembelajaran tari berbasis multimedia berpengaruh
signifikan terhadap kreatifitas seni tari siswa SMP PAB 2 Helvetia Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 TARI 030 |
Keywords: | Pembelajaran Tari; Multimedia; Kreatifitas Seni Tari |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > M Music > M5 Instrumental music > M176.5 Radio and television music M Music and Books on Music > ML Literature on music > ML3400 Dance music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Nov 2016 09:04 |
Last Modified: | 04 Nov 2016 09:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21154 |