Maru'ao, Tabita Evadyanti (2016) KINERJA PENGAWAS SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK DI SMK NEGERI KOTA GUNUNGSITOLI. TESIS, PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PENDIDIKAN PASCASARJANA UNIVERSITAS. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146132059 JUDUL.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
2. NIM. 8146132059 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
3. NIM. 8146132059 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
4. NIM. 8146132059 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
5. NIM. 8146132059 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6. NIM. 8146132059 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 8146132059 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 8146132059 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
9. NIM. 8146132059 BAB I.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
13. NIM. 8146132059 BAB V.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
14. NIM. 8146132059 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana kinerja pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik pada kegiatan pelatihan/pembimbingan penyusunan silabus dan RPP di SMK Negeri Kota Gunungsitoli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja pengawas sekolah dalam: (1) menyusun program supervisi akademik, (2) melaksanakan supervisi akademik, (3) mengevaluasi hasil pelaksanaan program supervisi akademik, (4)
membimbing dan melatih profesional guru dalam menyusun silabus dan RPP di SMK negeri Kota Gunungsitoli. Supervisi akademik bertujuan untuk membantu guru mengembangkan kemampuannya mencapai tujuan pembelajaran. Kegiatan supervisi akademik yakni pelatihan/pembimbingan adalah proses membelajarkan guru melalui tatap muka agar guru menguasai keterampilan dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran. Melalui metode penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti sebagai human instrument menemukan beberapa kesimpulan; Kinerja pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik pada kegiatan pelatihan/pembimbingan penyusunan silabus dan RPP di SMK Negeri Kota Gunungsitoli belum terlaksana dengan maksimal dan tidak merata kepada seluruh guru, ini terlihat dari: (1) supervisi akademik khususnya mata pelajaran rumpun IPA 50% terlaksana, (2) masih adanya guru yang belum benar merumuskan RPP, (3) masih ada guru yang belum benar mengelola pembelajaran. Berdasarkan temuan direkomendasikan sebagai berikut: (1) pengawas sekolah harus menyusun program kepengawasan setiap tahun dengan
memperhatikan hasil pelaksanaan program pada tahun lalu, (2) melaksanakan kunjungan ke sekolah hendaknya memberikan pembinaan dengan melakukan observasi, memeriksa perangkat pembelajaran diikuti dengan mendiskusikan hasil supervisi akademik yang telah dilakukan, (3) hasil dari pelaksanaan supervisi akademik segera ditindaklanjuti dan direalisasikan sehingga wujud dari pemecahan masalah yang dihadapi guru dapat segera dirasakan, (4) merancang sedemikian rupa pelaksanaan kegiatan pelatihan/pembimbingan penyusunan silabus dan RPP.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Mar k |
Keywords: | Kinerja pengawas sekolah; Supervisi akademik; Pelatihan/pembimbingan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 04 Nov 2016 03:44 |
Last Modified: | 04 Nov 2016 03:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21150 |