Karina, Adinda (2016) HUBUNGAN PEMAHAMAN ISI, STRUKTUR, DAN CIRI KEBAHASAAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 2123111002 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
02. NIM 2123111002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (973kB) | Preview
03. NIM 2123111002 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
04. NIM 2123111002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
05. NIM 2123111002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
06. NIM 2123111002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
07. NIM 2123111002 TABLES.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
08. NIM 2123111002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
09. NIM 2123111002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
13. NIM 2123111002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
14. NIM 2123111001 BIBLIOGRAFY.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemahaman isi, struktur, dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe tahun pembelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah 334 orang. Sampel yang diambil adalah 33 orang dari jumlah kelas yang telah ditentukan. Metode yang digunakan adalah metode Ex post facto. Data pemahaman isi, struktur, ciri kebahasaan , dan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi oleh siswa dijaring dengan menggunakan objektif tes sebanyak 54 soal dan essay tes yang disusun berdasarkan tujuan yang ingin dicapai. Penguji hipotesis dilakukan dengan uji “r”. Dari perolehan data menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam pemahaman isi termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 75,93 dengan uji hipotesis rhitung > rtabel (0,6279 > 0,344), kemampuan siswa dalam pemahaman struktur termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 80 dengan uji hipotesis rhitung > rtabel (0,603 > 0,344), kemampuan siswa dalam pemahaman ciri kebahasaan termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 75,76 dengan uji hipotesis rhitung > rtabel (0,6119 > 0,344), kemampuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 79 dengan uji hipotesis rhitung > rtabel (0,512 > 0,344) pada taraf siginifikan α = 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan ada hubungan yang positif dan signifikan pemahaman isi, struktur, dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe tahun pembelajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 176 |
Keywords: | Ciri kebahasaan; Teks laporan hasil observasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Nov 2016 03:00 |
Last Modified: | 04 Nov 2016 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21142 |