Soraya, Rafika Khairida (2016) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK QUANTUM WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP NASRANI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. BAB I.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
12. BAB V.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan
Teknik Quantum Writing terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa
kelas VII SMP Nasrani 5 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasinya
adalah seluruh siswa kelas VII SMP Nasrani 5 Medan Tahun Pembelajaran
2015/2016 yang berjumlah 150 orang. Sampel penelitian diambil sebanyak 30
orang dari jumlah populasi sebanyak 150 orang. Pengambilan sampel dilakukan
secara random dengan undian. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data
adalah tes essai.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
eksprimen semu atau quasi eksperiment.Dari pengelolahan data diperoleh nilai
rata-rata pretes = 67,83 , standar deviasi = 6,79, dan standar error = 1,26 dan
termasuk kedalam 3 kategori yaitu termasuk kategori baik sebanyak 10 siswa
atau 30%, kategori cukup sebanyak 16 siswa atau 60%, dan kategori kurang
sebanyak 4 siswa atau 10%. Berdasarkan uji normalitas,hasil pretes dan poetest
dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas
dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji
normalitas dan homogenitas dilakukan, maka diketahui to sebesar 7,09. Setelah t0
diketahui, maka nilai tersebut akan dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf
signifikansi 5% dengan dk = N – 1= 30- 1 = 29 diperoleh taraf signifikan 5%
sebesar 1,658. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat
diketahui t0> ttabel, yaitu 7,09 > 1,66 . Dengan demikian H0 (hipotesis nihil)
ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima.
Hal ini membuktikan bahwa penggunaan teknik Quantum Writing berpengaruh
positif terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas VII SMP
Nasrani 5 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 187 |
Keywords: | Teknik quantum writing;Teks eksplanasi; Menulis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P306 Translating and interpreting |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Nov 2016 02:39 |
Last Modified: | 04 Nov 2016 02:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21138 |