PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK QUANTUM WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP NASRANI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Soraya, Rafika Khairida (2016) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK QUANTUM WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP NASRANI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. BAB I.pdf]
Preview
Text
8. BAB I.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview
[thumbnail of 12. BAB V.pdf]
Preview
Text
12. BAB V.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan
Teknik Quantum Writing terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa
kelas VII SMP Nasrani 5 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasinya
adalah seluruh siswa kelas VII SMP Nasrani 5 Medan Tahun Pembelajaran
2015/2016 yang berjumlah 150 orang. Sampel penelitian diambil sebanyak 30
orang dari jumlah populasi sebanyak 150 orang. Pengambilan sampel dilakukan
secara random dengan undian. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data
adalah tes essai.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
eksprimen semu atau quasi eksperiment.Dari pengelolahan data diperoleh nilai
rata-rata pretes = 67,83 , standar deviasi = 6,79, dan standar error = 1,26 dan
termasuk kedalam 3 kategori yaitu termasuk kategori baik sebanyak 10 siswa
atau 30%, kategori cukup sebanyak 16 siswa atau 60%, dan kategori kurang
sebanyak 4 siswa atau 10%. Berdasarkan uji normalitas,hasil pretes dan poetest
dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas
dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji
normalitas dan homogenitas dilakukan, maka diketahui to sebesar 7,09. Setelah t0
diketahui, maka nilai tersebut akan dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf
signifikansi 5% dengan dk = N – 1= 30- 1 = 29 diperoleh taraf signifikan 5%
sebesar 1,658. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat
diketahui t0> ttabel, yaitu 7,09 > 1,66 . Dengan demikian H0 (hipotesis nihil)
ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima.
Hal ini membuktikan bahwa penggunaan teknik Quantum Writing berpengaruh
positif terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas VII SMP
Nasrani 5 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 IND 187
Keywords: Teknik quantum writing;Teks eksplanasi; Menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P306 Translating and interpreting
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Nov 2016 02:39
Last Modified: 04 Nov 2016 02:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21138

Actions (login required)

View Item
View Item