Shandy, Hikmatul Fadhilla (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI NARASI OLEH SISWA KELAS VII SMP SWASTA SINAR HUSNI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2123311034 COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM 2123311034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
3. NIM 2123311034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
4. NIM 2123311034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM 2123311034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM 2123311034 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 2123311034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 2123311034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
12. NIM 2123311034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
13. NIM 2123311034 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam
mengubah teks wawancara menjadi narasi. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini
adalah meningkatkan kemampuan mengubah teks wawancara menjadi narasi
menggunakan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW). Model pembelajaran
Think-Talk-Write (TTW) memberikan kesempatan kepada siswa baik secara
individu maupun kelompok dalam mengoptimalkan kemampuan berpikir,
berdiskusi, dan menuliskan hasil diskusi dengan menggunakan bahasa mereka
sendiri, serta membiasakan siswa berpikir dan berkomunikasi dengan teman, guru,
bahkan dengan diri mereka sendiri. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VII-1 SMP Swasta Sinar Husni Medan yang berjumlah 37 orang. Sampel
penelitian tersebut diambil menggunakan teknik random sampling. Metode atau
cara yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan
model One-Group Pre-test Post-test Design. Pre-test dilakukan untuk mengetahui
kemampuan awal siswa dalam mengubah teks wawancara menjadi narasi sebelum
menggunakan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW), yaitu memperoleh
nilai rata-rata 61.62 tergolong ke dalam kategori cukup. Lalu post-test dilakukan
untuk mengetahui kemampuan siswa setelah menggunakan model pembelajaran
Think-Talk-Write (TTW), yaitu memperoleh nilai rata-rata 76,21 tergolong ke
dalam kategori baik. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh yaitu
7.48 > 2.02, maka dapat membuktikan bahwa hipotesis alternatif ( diterima.
Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW)
terbukti memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mengubah
teks wawancara menjadi narasi pada siswa kelas VII SMP Swasta Sinar Husni
Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 170 |
Keywords: | Model Pembelajaran Think-Talk-Write; Teks Wawancara; Narasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Nov 2016 02:29 |
Last Modified: | 04 Nov 2016 02:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21136 |