PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI NARASI OLEH SISWA KELAS VII SMP SWASTA SINAR HUSNI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Shandy, Hikmatul Fadhilla (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENGUBAH TEKS WAWANCARA MENJADI NARASI OLEH SISWA KELAS VII SMP SWASTA SINAR HUSNI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 2123311034 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2123311034 COVER.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2123311034 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2123311034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2123311034 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2123311034 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2123311034 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2123311034 PREFACE.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2123311034 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2123311034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2123311034 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2123311034 TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2123311034 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2123311034 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2123311034 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2123311034 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 2123311034 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 2123311034 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2123311034 REFERENCES.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2123311034 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam
mengubah teks wawancara menjadi narasi. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini
adalah meningkatkan kemampuan mengubah teks wawancara menjadi narasi
menggunakan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW). Model pembelajaran
Think-Talk-Write (TTW) memberikan kesempatan kepada siswa baik secara
individu maupun kelompok dalam mengoptimalkan kemampuan berpikir,
berdiskusi, dan menuliskan hasil diskusi dengan menggunakan bahasa mereka
sendiri, serta membiasakan siswa berpikir dan berkomunikasi dengan teman, guru,
bahkan dengan diri mereka sendiri. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VII-1 SMP Swasta Sinar Husni Medan yang berjumlah 37 orang. Sampel
penelitian tersebut diambil menggunakan teknik random sampling. Metode atau
cara yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan
model One-Group Pre-test Post-test Design. Pre-test dilakukan untuk mengetahui
kemampuan awal siswa dalam mengubah teks wawancara menjadi narasi sebelum
menggunakan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW), yaitu memperoleh
nilai rata-rata 61.62 tergolong ke dalam kategori cukup. Lalu post-test dilakukan
untuk mengetahui kemampuan siswa setelah menggunakan model pembelajaran
Think-Talk-Write (TTW), yaitu memperoleh nilai rata-rata 76,21 tergolong ke
dalam kategori baik. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh yaitu
7.48 > 2.02, maka dapat membuktikan bahwa hipotesis alternatif ( diterima.
Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW)
terbukti memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mengubah
teks wawancara menjadi narasi pada siswa kelas VII SMP Swasta Sinar Husni
Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 IND 170
Keywords: Model Pembelajaran Think-Talk-Write; Teks Wawancara; Narasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Nov 2016 02:29
Last Modified: 04 Nov 2016 02:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21136

Actions (login required)

View Item
View Item