Dermawan, Dedi (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS X SMA SWASTA NURUL IMAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 209111015 COVER.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
2. NIM. 209111015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (648kB) | Preview
3. NIM. 209111015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
4. NIM. 209111015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
5. NIM. 209111015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
6. NIM. 209111015 TABLES.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
7. NIM. 209111015 ILLUTRATION.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
8. NIM. 209111015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
9. NIM. 209111015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
13. NIM. 209111015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. NIM. 209111015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas ada atau tidak adanya pengaruh model pembelajaran discovery terhadap kemampuan menulis teks eksposisi oleh siswa kelas X SMA Swasta Nurul Iman. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Nurul Iman dengan jumlah 105 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 siswa yang diambil secara homogen dengan simple random sampling. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, tepatnya True eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji korelasi pearson product moment. Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pre-test = 58,8, standar deviasi = 7,76 digolongkan pada kategori sangat kurang sebanyak 36,11% kategori kurang sebanyak 44,44% dan kategori cukup sebanyak 19,44% Adapun nilai rata-rata post-test= 78,11 standar deviasi = 6,57 digolongkan pada kategori cukup sebanyak 25% kategori baik 58,33% dan kategori sangat baik sebanyak 16,67%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan maka diketahui thitung sebesar 1,71 selanjutnya thitung dikonsultasikan dengan tabel distribusi student’s t. Maka harga ttabel dengan tingkat kesalahan α=0,05; db = n-2 = 36-2=34 adalah 1,69 Ternyata t hitung ˃ t tabel = 1,71 ˃ 1,69 sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks eksposisi oleh siswa kelas X SMA Swasta Nurul Iman tahun pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 203 |
Keywords: | Model pembelajaran discovery; Teks eksposisi; Menulis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Nov 2016 03:36 |
Last Modified: | 03 Nov 2016 03:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21094 |