Romauli, Wisel Stenfil (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 21 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2123111086 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM 2123111086 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
3.NIM 2123111086 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4. NIM 2123111086 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5.NIM 2123111086 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM 2123111086 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
7. NIM 2123111086 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
8. NIM 2123111086 BAB I.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
12. NIM 2123111086 BAB V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
13. NIM 2123111086 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model pembelajaran berbasis
masalah (problem based learning) terhadap kemampuan menulis cerita pendek
oleh siswa kelas X SMA Negeri 21 Medan tahun pembelajaran 2015/2016.
Populasi penelitian ini berjumlah 280 siswa. Dari 280 siswa, ditetapkan 70
siswa yang diambil secara acak dan dibagi menjadi dua kelompok dengan
jumlah yang sama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode eksperimen two group post-test only design. Instrumen yang
digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian. Pengujian hipotesis
dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Data yang diperoleh menunjukkan
bahwa kemampuan siswa dalam menulis cerpen sebelum menggunakan model
pembelajaran berbasis masalah masuk dalam kategori cukup dengan nilai ratarata
(mean) yang diperoleh siswa adalah 68, sedangkan kemampuan siswa
menulis cerpen sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah
masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa
adalah 82. Selanjutnya, uji hipotesis menunjukkan thitung (8.97) > ttabel (2,00)
pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian ditolak dan diterima, hal
ini berarti ada pengaruh Model pembelajaran berbasis masalah (problem based
learning) terhadap kemampuan menulis cerita pendek oleh siswa kelas X SMA
Negeri 21 Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Hal ini menunjukkan bahwa
hasil pembelajaran menulis cerpen sesudah menggunakan model pembelajaran
berbasis masalah lebih baik daripada hasil pembelajaran sebelum menggunakan
model pembelajaran berbasis masalah, proses pembelajaran menggunakan model
pembelajaran berbasis masalah berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis
cerpen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 142 |
Keywords: | Cerpen; Menulis; Pembelajaran berbaisi Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Nov 2016 03:20 |
Last Modified: | 03 Nov 2016 03:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21091 |