Hasibuan, Aminuddin (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS WACANA NARASI SISWA KELAS XI SMA CERDAS MURNI TEMBUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2122111001_COVER.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2. NIM. 2122111001_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
3. NIM. 2122111001_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4. NIM. 2122111001_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM. 2122111001_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 2122111001_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 2122111001_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 2122111001_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 2122111001_BAB I.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
13. NIM. 2122111001_BAB V.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
14. NIM. 2122111001_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar seri
terhadap kemampuan menulis wacana narasi. Populasi dari penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas XI SMA Cerdas Murni Tembung Tahun Pembelajaran
2015/2016 yang berjumlah 113 siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu
kelas XI MIA 2 yang berjumlah 37 siswa.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
eksperimen. Desain penelitiannya adalah one group pre-test post-test design.
Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes esai.
Sebelum uji hipotesis, dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji
normalitas dan uji homogenitas. Distribusi data yang diperoleh: rata-rata pre-test
sebesar 66,62 dengan standar deviasi 9,44, sedangkan rata-rata post-test sebesar
79,05 dengan standar deviasi 8,20. Hasil perhitungan uji normalitas: data pre-test
diperoleh harga Lhitung = dan Ltabel=0,1457. Ternyata
( 0,1457). Hal ini menunjukkan bahwa data pre-test berdistribusi
normal. Data post-test diperoleh harga Lhitung = dan Ltabel =0,1457.
Ternyata ( 0,1457). Hal ini menunjukkan bahwa data
post-test berdistribusi normal. Untuk menguji homogenitas data dilakukan uji F.
Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,32 sedangkan Ftabel = 1,78
untuk = 0,05, dk= 37 orang. Ternyata, Fhitung Ftabel yakni 1,32 1,78. Hal ini
membuktikan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Pengujian
hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Hasil perhitungan uji “t”
diperoleh thitung = 6,00, sedangkan ttabel = 2,00. Karena thitung yang diperoleh lebih
besar dari ttabel yaitu 6,00 2,00. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media
gambar seri berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis wacana narasi
siswa kelas XI SMA Cerdas Murni Tembung Tahun Pembelajaran 2015/ 2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 146 |
Keywords: | Media Gambar Seri; Kemampuan Menulis Wacana Narasi;Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P306 Translating and interpreting |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Nov 2016 03:17 |
Last Modified: | 03 Nov 2016 03:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21090 |