Ritonga, Adha (2016) ANALISIS GAYA BAHASA PADA IKLAN SHAMPO DI MEDIA TELEVISI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2113210001 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
2. NIM. 2113210001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (677kB) | Preview
3. NIM. 2113210001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 2113210001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM. 2113210001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
6. NIM. 2113210001 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 2113210001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
11. NIM. 2113210001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
12. NIM. 2113210001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan gaya bahasa dan gaya bahasa yang paling dominan pada iklan shampo di media televisi. Penulis memilih iklan shampo karena shampo merupakan salah satu produk pembersih yang digunakan sehari-hari untuk membersihkan rambut. Sehingga produk shampo sering digunakan. Penulis memilih media televisi kerena iklan di media televisi lebih menarik dari segi audio dan visual serta banyak di tonton oleh masyarakat. Kalangan penontonnya pun sangat bervariasi, mulai dari tua sampai yang muda dari yang tinggal di desa hingga di kota. Manfaat dari penelitian ini memberikan sumbangan terhadap kajian gaya bahasa khususnya mengenai analisis gaya bahasa pada iklan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode rekam, simak, catat. Penulis mengumpulkan iklan shampo di media televisi kemudian dianalisis gaya bahasanya. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa terdapat 4 jenis majas yang digunakan dalam iklan shampo tersebut, yaitu: Personifikasi 5 (14%), Anafora 10 (28 %), Aliterasi 20 (57%), Hiperbola 30 (46%) Dapat disimpulkan bahwa iklan shampo di televisi pada umumnya banyak menggunakan gaya bahasa Hiperbola, yang merupakan gaya bahasa yang mengandung pernyataan berlebih-lebihan dari kenyataan. Serta tanggapan masyarakat tentang iklan shampo yang sangat membujuk dan menarik masyarakat untuk membeli produk tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 159 |
Keywords: | Gaya bahasa;Iklan shampo;Media Televisi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5801 Advertising P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Nov 2016 01:29 |
Last Modified: | 03 Nov 2016 01:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21075 |