Nasution, Wina Yanti (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS PENINGGALAN SEJARAH LOKAL PADA MATERI PENINGGALAN SEJARAH. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM. 8146181050 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2 NIM. 8146181050 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
3 NIM. 8146181050 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4 NIM. 8146181050 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
5 NIM. 8146181050 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6 NIM. 8146181050 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7 NIM. 8146181050 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8 NIM. 8146181050 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9 NIM. 8146181050 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
10 NIM. 8146181050 BAB I.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
14 NIM. 8146181050 BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
15 NIM. 8146181050 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: (1) Bahan ajar yang digunakan siswa belum sesuai dengan kebutuhan siswa. (2) Bahan ajar yang digunakan selalu sama dari tahun ketahun. (3) Guru belum pernah melakukan pengembangan bahan ajar
di SD Negeri 0402 Hurung jilok. (4) Hasil belajar IPS siswa masih banyak yang tidak memenuhi KKM. Oleh karena itu, peneliti merasa perlu mengembangkan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa, sesuai dengan tempat tinggal siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan bahan ajar IPS berbasis peninggalan sejarah lokal pada materi peninggalan sejarah. (2) Mengetahui efektitifitas pembelajaran materi peninggalan sejarah dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Subjek penelitian adalah seluruh anak kelas IV SD Negeri 0402 Hurung Jilok Kecamatan Sosa Kabupaten Padanglawas Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016. Kelas IV-A sebagai kelas kontrol berjumlah 31 orang terdiri dari 22 orang perempuan dan 9 orang laki-laki. Kelas IV-B sebagai kelas eksperimen berjumlah 34 orang terdiri dari 8 orang perempuan dan 26 orang laki-laki. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and
Development/R&D) dengan model pengembangan Dick & Carey. Langkah langkah yang dilaksanakan adalah (1) Tahap Pertama Memunculkan Ide / Gagasan Awal dan Melaksanakan Studi Pendahuluan. (2) Tahap Kedua : Pengembangan produk. (3) Tahap ketiga : Uji Validasi dan Revisi. (4) Uji coba
produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) hasil belajar yang diperoleh kelas eksperimen lebih tinggi daripada hasil belajar yang diperoleh kelas kontrol.
Hal itu terlihat pada hasil pre test dan pos test yang dilakukan peneliti. Pada saat pre test dari 31 siswa kelas IV-A hanya 13 orang (41,94%) yang tuntas, sementasa
18 orang lagi (58,06%) tidak tuntas dengan RRK 60. Sementara di kelas IV-B dari 34 siswa hanya 10 orang (29,41%) yang tuntas, sebanyak 24 orang lagi (70,59%)
belum tuntas dengan RRK 56,03. Pada saat pos test dari kelas IV-A sebanyak 28 siswa (90,32%) sudah tuntas hanya 3 orang lagi (9,68%) yang tidak tuntas dengan RRK 68,71. Sedangkan dari kelas IV-B sebanyak 33 orang (97,06%) sudah tuntas, sisa 1 orang lagi (2,94%) yang tidak tuntas dengan RRK 73,82. (2) Kevalidan produk juga mendapatkan nilai yang sangat baik, hal itu terbukti dari nilai yang diperoleh dari keempat validator yaitu : skor validasi materi 3,62 (90,63%), skor validasi bahasa 3,75 (93,75%), skor validasi media 3,69 (92,19%), dan skor validasi desain pembelajaran 4,00 (100%). Penggunaan bahan ajar IPS berbasis peninggalan sejarah lokal berimplikasi pada meningkatnya hasil belajar, minat, perhatian, dan partisipasi siswa, dan dapat menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan efektif dalam kegiatan belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.89 Nas p |
Keywords: | Penilitian pengembangan; Bahan ajar; Peninggalan sejarah lokal; IPS; Sumber belajar |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Nov 2016 03:05 |
Last Modified: | 02 Nov 2016 03:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21051 |