Syahrol (2016) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG DENGAN MENGGUNKAN METODE DEMONTRASI KELAS VI SD NEGERI MUSA BAROH DITINJAU DARI KOMPETENSI PEDAGOGIS. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146181042 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM 8146181042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (455kB) | Preview
3. NIM 8146181042 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4. NIM 8146181042 PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. NIM 8146181042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM 8146181042 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM 8146181042 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 8146181042 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
9. NIM 8146181042 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (515kB) | Preview
13. NIM 8146181042 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
14. NIM 8146181042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Meningkatkan aktifitas belajar siswa melalui metode demintrasi dan alat peraga pada materi bangun ruang yaitu kubus dan balok di kelas VI. (2) Meningkatkan hasil belajar siswa matematika melalui metode demontrasi dan alat peraga pada materi bangun ruang yaitu kubus dan balok. Tehnik pengumpulan data melalui tes hasil belajar, pengamatan aktivitas belajar siswa dan respon siswa terhadap pembelajaran. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan: (1) Pembelajaran dengan menggunakan metode demontrasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika. Hal ini dibuktikan dengan aktivitas belajar siswa siklus I dengan rata-rata persentase skor sebesar 82,03% dengan kategori baik dan aktivitas siswa pada siklus II sebesar 90,76% juga dalam kategori sangat baik. Dengan demikian berdasarkan hasil tersebut maka terjadi peningkatan sebesar 8,73%. (2) Hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan metode demontrasi dan alat peraga pada materi bangun ruang juga mengalami peningkatan. Hal ini berdasarkan hasil belajar siswa siklus I dan siklus II diketahui bahwa nilai rata-rata tes evaluasi dari 68,69 menjadi 79,34. (3) Ketuntasan siswa dalam belajar matematika melaui metode demontrasi pada materi bangu ruang menjadi peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 78,26%, sedangkan siklus II ketuntasan belajar siswa sebesar 86,95%. Dengan demikian peningkatan yang terjadi antara ketuntasan belajar siklus I dengan siklus II sebesar 8,69%. (4) Respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan metode demontrasi dan alat peraga terjadi peningkatan. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil angket siswa menunjukkan bahwa rata-rata respon siswa pada siklus I sebesar 72,29% dengan kategori “Setuju” dan pada siklus II sebesar 79,94% dengan kategori “Sangat Setuju”. Berdasarkan penelitian ini, maka disarankan guru matematika SD Negeri Musa Baroh mengajar bangun data melalui metode demontrasi dan alat peraga. Hal ini dapat dipahami karena terbukti dalam penelitian ini, pembelajaran matematika dengan menggunakan metode demontrasi dan alat peraga meningkat aktivitas dan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Sya u |
Keywords: | Hasil belajar; Bangun ruang; Metode demonstrasi; Kompetensi pedagogik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Nov 2016 02:46 |
Last Modified: | 02 Nov 2016 02:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21043 |