Mariana, Nike (2016) PENGEMBANGAN KOMIK PEMBELAJARAN PERLAWANAN MENENTANG PENJAJAHAN BELANDA PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK SISWA KELAS V SD. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146181024 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 8146181024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
3. NIM. 8146181024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM. 8146181024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
5. NIM. 8146181024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM. 8146181024 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 8146181024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 8146181024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 8146181024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
13. NIM. 8146181024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 8146181024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan suatu program pendidikan dengan tujuan agar peserta didik mampu berinteraksi dengan teman-temannya sehingga mampu menyelesaikan tugas dan berupa pelajaran menghafal yang menuntut anak didik untuk mengingat keras. Salah satu sebab kurang menariknya pembelajaran IPS untuk siswa SD adalah faktor kerumitan dari sumber belajar yang digunakan. Oleh karena itu sumber belajar perlu bentuk sajian yang ringan dan menarik minat baca siswa. Dalam upaya meningkatkan ketertarikan siswa tersebut dibutuhkan sebuah inovasi dalam pembuatan sumber belajar, salah satunya ialah dengan membuat sumber belajar dalam bentuk komik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan sumber belajar dalam bentuk komik untuk satuan pendidikan SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan. Adapun desain penelitian ini dibagi menjadi empat tahap, yaitu studi pendahuluan, perancangan, pengembangan, dan validasi program. Dalam studi pendahuluan didapatkan aspek-aspek penilaian yang dibagi dalam dua hal yaitu tingkat kelayakan dan respon siswa. Pada tingkat kelayakan meliputi aspek gambar, bahasa, dan materi. Untuk respon siswa meliputi aspek tingkat kepuasan subjek, kriteria pendidikan, kemudahan pembaca, kriteria tampilan, dan pengaruh terhadap pembaca. Dalam uji kelayakan, segi gambar dinilai oleh ahli seni rupa dan segi bobot dalam pembelajaran yang mencakup aspek bahasa, dan materi. Dalam mengetahui dampak terhadap pembaca atau siswa dibuat angket respon siswa yang diberikan kepada siswa kelas V. Dari hasil analisa uji kelayakan berdasarkan segi gambar diperoleh angka 91,25%, materi diperoleh angka 81,94%, dan untuk segi bahasa diperoleh angka 91,66%, dan untuk analisa angket respon siswa diperoleh angka 86,37%. Bahan ajar komk ini dibuat dengan meperhatikan tingkat psikologi siswa SD yang tergolong dalam usia anak. Komik ini mampu mengajak siswa untuk mengikuti cerita yang ada dalam bahan ajar, sehingga minat siswa terhadap membaca pun bertambah. Kesimpulan menunjukkan bahwa kualitas sumber belajar dalam bentuk komik ini baik dan layak untuk dijadikan sumber belajar dalam pembelajaran. Berdasarkan dari hasil pembahasan disarankan bahwa sumber belajar dalam bentuk media komik hendaknya dapat dikembangkan lagi pada materi IPS yang lain dan juga untuk mata pelajaran yang lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Mar p |
Keywords: | Pengembangan; Komik; Penjajahan Belanda; IPS; Sumber belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Nov 2016 04:12 |
Last Modified: | 01 Nov 2016 04:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21021 |