Zega, Viktor Risman (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA PADA MATERI PARAGRAF ARGUMENTASI BERBASIS MASALAH DI SMA NEGERI 1 LAHEWA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146191025 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
2. NIM 8146191025 LEMBAR PENGESAHAN TESIS.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
3. NIM 8146191025 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (22kB) | Preview
4. NIM 8146191025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (22kB) | Preview
5. NIM 8146191025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (22kB) | Preview
6. NIM 8146191025 DAFTAR ISTILAH.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
7. NIM 8146191025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
8. NIM 8146191025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
9. NIM 8146191025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
14. NIM 8146191025 BAB V.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
15. NIM 8146191025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pola bahan ajar menulis paragraf argumentasi berbasis masalah, (2) kelayakan bahan ajar menulis paragraf argumentasi berbasis masalah, (3) keefektifan bahan ajar menulis paragraf argumentasi berbasis masalah pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Lahewa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model pengembangan Borg and Gall. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli desain, guru bahasa Indonesia, siswa SMA Negeri 1 Lahewa pada uji coba perorangan terdiri dari 3 siswa, 9 siswa pada uji coba kelompok kecil, dan 32 siswa pada uji coba kelompok lapangan terbatas. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 82,35 pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 86,54% pada kriteria sangat baik, aspek bahasa dengan rata-rata 90,38% pada kriteria sangat baik, (2) validasi ahli desain dengan rata-rata 85,00% pada kriteria sangat baik, (3) uji coba perorangan dengan rata-rata 82,87% dengan kriteria sangat baik, (4) uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 91,20% dengan kriteria sangat baik, dan (5) uji kelompok lapangan terbatas dengan rata-rata 95,10% dengan kriteria sangat baik, (6) keefektifan bahan ajar dengan presentasi 74,22% dengan kriteria baik. Dengan demikian, bahan ajar paragraf argumentasi berbasis masalah yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran sebagai sumber belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 407.071 2 Zeg p |
Keywords: | Bahan ajar; Berbasis masalah; Modul; Pragraf argumentasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 31 Oct 2016 08:23 |
Last Modified: | 31 Oct 2016 08:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21012 |