Siregar, Nurul Maimunah (2016) PENGAMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DENGAN PENDEKATAN TEMATIS SISWA KELAS X. Masters thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (766kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
Abstract
Pengembangan bahan ajar bahasa Indonesia dengan pendekatan tematis dengan mengangkat masalah yang terjadi disekitar siswa sebagai tema. Hal itu sesuai dengan kebutuhan siswa, sekolah, dan daerah. Tema dalam KTSP bukanlah pokok bahasan atau tujuan pembelajaran, tetapi sebagai payung mencapai kompetensi. Tema berfungsi sebagai pemersatu berbahasa Indonesia melalui 4 keterampilan berbahasa. Metode penelitian pengembangan (Researh and Development/R&D) digunakan dalam penelitian ini untuk menghasilkan bahan ajar. Tahap metode tersebut mencakup: (1) tahap studi pendahuluan, yakni studi literatur dan studi lapangan; (2) tahap studi pengembangan, meliputi: analisis bahan ajar, desain produk awal (prototype) pengembangan bahan ajar hingga menjadi bahan ajar tematis; dan (3) tahap evaluasi, untuk menguji keefektifan dan kelayakan bahan ajar bahasa Indonesia dengan pendekatan tematis. Hasil yang diperoleh: 1) kebutuhan bahan ajar menurut guru dan siswa, memperhatikan: (a) konteks berbahasa untuk berbagai ragam tujuan berbahasa, (b) mengikuti perkembangan zaman, (c) sesuai KTSP dengan mengangkat tema yang ada diseputar siswa, (d) relevansi antara bahan ajar guru dan siswa; (f) tugas/latihan dapat mengaktifkan siswa, (g) materi menarik minat siswa, jelas, dan mudah dipahami, dan (h) relatif siap pakai pada kondisi fasilitas sekolah yang minimal; 2) mengembangkan prototype menjadi bahan ajar bahasa Indonesia dengan pendekatan tematis di SMA dilakukan dengan: (a) menyusun silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, bahan ajar guru dan bahan ajar siswa, (b) materi dan tugas/latihan bersifat otentik dikembangkan secara tematis dan situasional dan mengembangkan wawasan intelektual dan afektif, dan (c) proses penilaian dilakukan dengan penilaian kelas; 3) hasil uji keefektifan dengan uji-t nonindependen menunjukkan bahan ajar tematis efaktif; dan 4) hasil kelayakan pengembangan bahan ajar bahasa Indonesia dengan pendekatan tematis dinyatakan baik dengan komponen penilaian kelayakan isi/materi 77,92%, kebahasaan 73,40%, penyajian materi 77,92%, dan grafika 70,8%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 499.221 071 2 Sir p |
Keywords: | Bahan ajar bahasa indonesia; Pendekatan tematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Oct 2016 02:17 |
Last Modified: | 27 Oct 2016 02:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20915 |