Yanti, Febri (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DAN STAD DI KELAS VII SMPN 1 PERCUT SEI TUAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.4123111048 Cover.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2.4123111024 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
4.4123111024 Abstrak.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
5.4123111024 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
6.4123111024 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
7.4123111024 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
8.4123111024 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
9.4123111024 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
10.4123111024 Bab I.pdf - Published Version
Download (513kB) | Preview
14.4123111024 Bab V.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
15.4123111024 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
3.4123111024 Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a match di kelas VII SMPN 1 Percut Sei Tuan, (2) peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas VII SMPN 1 Percut Sei Tuan, (3) manakah hasil belajar yang lebih baik, dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a match dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas VII SMPN 1 Percut Sei Tuan.Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest Control Group Design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan STAD, sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 10 kelas, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-8 (kelas eksperimen A) dan kelas VII-9 (kelas eksperimen B), masing-masing sampel kelas berjumlah 40 orang. Instrumen penelitian ini berupa pretes dan postes yang berbentuk essay tes. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas data dengan menggunakan uji chi – kuadrat dan homogenitas data menggunakan uji F.Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa sampel berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian penulis bisa memberikan perlakuan kepada kedua sampel. Untuk uji hipotesis, berdasarkan perhitungan data posttest siswa diperoleh pada dk = 78 dan taraf nyata α = 0,05 diperoleh ttabel = 1,66 dan thitung = 2,27. Karena thitung > ttabel (2,27 > 1,66) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka disimpulkan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperati tipe Make A Match lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 102 |
Keywords: | Hasil belajar; Make A Match; STAD. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 06:38 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 06:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20902 |