Sinaga, Elisa (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN BANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DI KELAS XSMA SWASTA YP MARISI MEDAN T.A.2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 4123111019 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM 4123111019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
3. NIM 4123111019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
4. NIM 4123111019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
5. NIM 4123111019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM 4123111019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 4123111019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
8. NIM 4123111019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9. NIM 4123111019 BAB I.pdf - Published Version
Download (552kB) | Preview
13. NIM 4123111019 BAB V.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
14. NIM 4123111019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi sistem persamaan linear setelah menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan LKS di kelas X-2 SMA Swasta YP Marisi Medan tahun ajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Swasta YP Marisi Medan kelas X sebanyak 35 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan bantuan LKS. Data yang diperlukan dengan menggunkana tes kemampuan pemecahan masalah pada siklus I sebanyak 4 butir soal dan pada siklus II sebanyak 4 butir soal. Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan diperoleh pada siklus I dan II persentase dari setiap langkah memecahkan masalah matematika siswa pada materi sistem persamaan linear, yaitu : (1) memahami masalah dari 87.14% pada siklus I meningkat menjadi 92.14% pada siklus II, (2) merencanakan penyelesaian dari 76.78% pada siklus I meningkat menjadi 81.07% pada siklus II, (3) menyelesaikan masalah dari 71.07% pada siklus I meningkat menjadi 81.60% pada siklus II, (4) memeriksa kembali dari 61.07% pada siklus I meningkat menjadi 67.5% pada siklus II. Ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebanyak 22 siswa (62.85%) dengan rata-rata kelas 74.02 dan pada siklus II sebanyak 30 siswa (85.71%) dengan rata-rata kelas 80.58.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan LKS dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi sistem persamaan linear di kelas X SMA Swasta YP Marisi Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 181 |
Keywords: | Matematika; Persamaan Leniar; Pembelajaran Berbasis Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 06:25 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 06:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20899 |