Sari, Putri Wanda (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MELALUI PENDEKATAN REALISTIK DI KELAS VIII MTS NEGERI 3 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4111511005 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2 NIM 4111511005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
3 NIM 4111511005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4 NIM 4111511005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
5 NIM 4111511005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6 NIM 4111511005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7 NIM 4111511005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8 NIM 4111511005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9 NIM 4111511005 BAB I.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
13 NIM 4111511005 BAB V.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
14 NIM 4111511005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui pendekatan realistik terhadap pemahaman konsep di kelas VIII MTs Negeri 3 Medan, (2) kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui pendekatan realistik terhadap pemahaman konsep di kelas VIII MTs Negeri 3 Medan, dan (3) respon siswa terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui pendekatan realistik terhadap pemahaman konsep di kelas VIII MTs Negeri 3 Medan.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-5 dan VIII-4 MTs Negeri 3 Medan. Objek penelitian ini adalah pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes Pemahaman Konsep untuk meningkat pemahaman konsep matematika melalui pendekatan realistik di kelas VIII MTs Negeri 3 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development / R&D) dengan menggunakan pengembangan model 4-D (Four-D Model) yang dikemukakan S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel dan Melvyn I. Semmel yang telah dimodifikasi terdiri dari tiga tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design) dan tahap pengembangan (develop). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli, tes dan angket respon siswa. Teknik analisis data dalam pengembangan perangkat pembelajaran digunakan teknik analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui pendekatan realistik untuk meningkatkan pemahaman konsep disimpulkan pada : (i) ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 86,4% pada ujicoba I dan 90,5% pada ujicoba II., (ii) ketercapaian indikator berada pada kriteria keefektivan; (2) Kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa didasarkan pada penelitian para ahli (validator) dapat disimpulkan hasil validasi para ahli perangkat pembelajaran dapat digunakan tanpa revisi; (3) respon siswa terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran menggunakan pendekatan realistik adalah positif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 169 |
Keywords: | Pendekatan Matematika;Bentuk Aljabar; Teori Leniar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 06:21 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 06:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20898 |