Syuhadda, Chairina Aulia (2016) PENERAPAN METODE INKUIRI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SPLDV DI KELAS X SMK YAYASAN PERGURUAN BANDUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4113111014 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 4113111014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
3. NIM. 4113111014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 4113111014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM. 4113111014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
5. NIM. 4113111014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
6. NIM. 4113111014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7. NIM. 4113111014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 4113111014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 4113111014 BAB I.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
13. NIM. 4113111014 BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 4113111014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode
inkuiri kelompok dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika
siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas X SMK Yayasan
Perguruan Bandung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan
dalam 2 siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-Ak. SMK Yayasan Perguruan
Bandung tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 30 orang.
Data diperoleh dari tes kemampuan pemahaman konsep dan lembar
observasi untuk setiap kali pertemuan. Sebelum dilaksanakannya pembelajaran
siklus diadakan tes kemampuan awal pada kelas X-Ak. untuk melihat kemampuan
awal siswa memahami konsep sistem persamaan linier dua variabel, dan untuk
mengetahui gambaran kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal yang
berhubungan dengan sistem persamaan linier dua variabel. Setelah itu dilaksanakan
pembelajaran siklus I dan dilanjutkan dengan pembelajaran siklus II untuk melihat
peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada materi sistem persamaan
linier dua variabel.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika
siswa mengalami peningkatan. Ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pemahaman
konsep matematika siswa pada tes awal yaitu 37,37 dengan tingkat pemahaman
konsep matematika sangat rendah. Setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I, nilai
rata-rata pemahaman konsep matematika siswa meningkat menjadi 57,04 dengan
tingkat pemahaman konsep matematika rendah. Selanjutnya setelah pelaksanaan
tindakan pada siklus II, nilai rata-rata pemahaman konsep matematika siswa
meningkat menjadi 70,55 dengan tingkat pemahaman konsep matematika sedang
serta telah mencapai target keberhasilan belajar.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode inkuiri
kelompok dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika pada materi sistem
persamaan linier dua variabel di kelas X SMK Yayasan Perguruan Bandung
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 106 |
Keywords: | SPLDV; Pemahaman Konsep; Metode Inkuiri Kelompok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 04:43 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 04:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20890 |