Apriani, Dwi Ayu (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 43 MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4122111007 COVER .pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM. 4122111007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
3. NIM. 4122111007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
4. NIM. 4122111007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
5. NIM. 4122111007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
6. NIM. 4122111007 TABLES.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
7. NIM. 4122111007 ILLUTRATION.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
8. NIM. 4122111007 TABLE OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
9. NIM. 4122111007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (608kB) | Preview
13. NIM. 4122111007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 4122111007 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui strategi penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan kemampuan komunikasi
matematika siswa di kelas VIII SMP negeri 43 Medan tahun ajaran 2015/2016,
(2) untuk mengetahui aktivitas belajar siswa ketika diterapkan model
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas VIII SMP negeri 43 Medan tahun
ajaran 2015/2016, (3) untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi
matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di
kelas VIII di SMP negeri 43 Medan tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-7
SMP Negeri 43 Medan T.A 2015/2016 yang berjumlah 36 orang. Objek penelitian
ini adalah meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui
model pembelajaran kooperatif jigsaw pada pokok bahasan kubus dan balok di
kelas VIII SMP Negeri 43 Medan Tahun Ajaran 2015/2016.
Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui
pemberian tes kemampuan komunikasi matematika I diperoleh 16 siswa (44,44%)
dari 36 siswa telah memiliki kemampuan komunikasi matematika minimal
kategori sedang (nilainya 70). Setelah tindakan II, melalui pemberian tes
kemampuan komunikasi matematika IV diperoleh 32 siswa (88,88%) dari 36
siswa yang telah telah memiliki kemampuan komunikasi matematika minimal
kategori sedang (nilainya 70). Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka
persentase ketuntasan ini sudah memenuhi.
Pada pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan
komunikasi matematika siswa untuk setiap aspek yang diteliti, persentase siswa
yang memiliki kemampuan komunikasi matematika minimal kategori sedang
(nilainya 70) pada aspek menggambar sebesar 66,67%, pada aspek ekspresi
matematika sebesar 66,67%, pada aspek menulis/menjelaskan sebesar 55,56%.
Dan pada siklus II terjadi peningkatan seperti berikut : persentase siswa yang
memiliki kemampuan komunikasi matematika minimal kategori sedang (nilainya
70) pada aspek menggambar sebesar 86,11%, pada aspek ekspresi matematika
sebesar 88,89%, pada aspek menulis/menjelaskan sebesar 88,89%.
Berdasarkan uraian di atas disimpulkan komunikasi matematika siswa
meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada
materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 43 Medan T.A 2015/2016.
Kata kunci: Komunikasi matematika, model pembelajaran jigsaw, pembelajaran
matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 099 |
Keywords: | Komunikasi matematika;Model pembelajaran jigsaw; Pembelajaran matematika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Oct 2016 10:17 |
Last Modified: | 25 Oct 2016 10:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20879 |