Rialina, Yuli Handita (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS VIII-4 SMP NEGERI 37 MEDAN PADA MATERI KUBUS DAN BALOK T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1_4123111089_COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2_4123111089_APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
3_4123111089_ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
4_4123111089_PREFACE.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
5_4123111089_LIST OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
6_4123111089_LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7_4123111089_LIST OF TEBLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8_4123111089_LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9_4123111089_CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (462kB) | Preview
13_4123111089_CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
14_4123111089_REFERENCES.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa dengan pendekatan matematika realistik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 37 Medan yang berjumlah 34 orang. Objek dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa melalui pendekatan matematika realistik di kelas VIII-4 SMP Negeri 37 Medan. Pengambilan data dilakukan dengan tes kemampuan koneksi matematis dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata tes kemampuan koneksi matematis siswa dari tes diagnostik, siklus I, dan siklus II, yakni dari 27,05 dengan tingkat kemampuan sangat kurang di tes diagnostik menjadi 62,64 dengan tingkat kemampuan kurang di siklus I dan menjadi 80,05 dengan tingkat kemampuan baik di siklus II. Ketuntasan belajar matematika siswa juga mengalami peningkatan secara klasikal dari tes diagnostik, siklus I, dan siklus II, yakni dari 0 (0%) siswa yang tuntas di tes awal menjadi 17 (50%) siswa yang tuntas di siklus I dan menjadi 29 (85,29%) siswa yang tuntas di siklus II. Selain itu, ditinjau dari setiap aspek koneksi matematis, persentase ketuntasan siswa juga mengalami peningkatan. Pada aspek a). koneksi antar topik matematika, diperoleh 4 siswa (11,7%) tuntas pada tes diagnostik, 15 siswa (44,11%) tuntas pada siklus I, dan 28 siswa (82,35%) tuntas pada siklus II, b). koneksi dengan bidang ilmu lain, diperoleh 3 siswa (8,8%) tuntas pada tes diagnostik, 16 siswa (47,06%) tuntas pada siklus I, dan 29 siswa (85,29%) tuntas pada siklus II, dan c) koneksi dengan dunia nyata, diperoleh 5 siswa (14,7%) tuntas pada tes diagnostik, 27 siswa (79,41%) tuntas pada siklus I, dan 30 siswa (88,24%) tuntas pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa mengalami peningkatan melalui pendekatan matematika realistik di kelas VIII-4 SMP Negeri 37 Medan dengan dilihat dari kemampuan rata-rata siswa, persentase ketuntasan klasikal siswa, dan persentase ketuntasan siswa pada setiap aspek koneksi matematis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 116 |
Keywords: | Kemampuan koneksi matematis; Pendekatan Matematika Realistik;Kubus dan balok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Oct 2016 10:06 |
Last Modified: | 25 Oct 2016 10:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20877 |