UNSPECIFIED (2016) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 RONGGURNIHUTA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4123111003 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. 412311103 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (698kB) | Preview
4. 4123111003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
5. 4123111003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. 4123111003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
7. 4123111003 DAFTAR TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
8. 4123111003 BAB I.pdf - Published Version
Download (686kB) | Preview
12. 4123111003 BAB V.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
13. 4123111003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
3. 4123111003 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana rata – rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model Probing – Prompting berbasis etnomatematika mencapai ketuntasan belajar dan (2) untuk mengetahui bagaimana keefektifan model pembelajaran Probing – Prompting berbasis etnomatematika dan pembelajaran langsung dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ronggurnihuta dan setelah dipilih secara cluster sampling, diperoleh kelas VIII3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes tertulis.
Dari hasil penelitian diperoleh rata – rata kemampuan komunikasi matematis kelas eksperimen adalah 85,42 dengan simpangan baku 13,12 sedangkan rata – rata kemampuan komunikasi matematis kelas kontrol adalah 62,5 dengan simpangan baku 16,69. Pada uji ketuntasan belajar rata – rata kelompok eksperimen menggunakan uji t satu pihak dengan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 149 |
Keywords: | Probing - Prompting; Etnomatematika; Kemampuan Komunikasi Matematis. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Oct 2016 09:36 |
Last Modified: | 25 Oct 2016 09:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20872 |