Adriyati, Inggri (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN PENARALAN SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY LEARNING DAN METODEEKSPOSITORI PADA MATERI LINGKARANDI KELAS VIIISMP N 8 BINJAI T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123111032 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 4123111032 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
4. NIM 4123111032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
5. NIM 4123111032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
6. NIM 4123111032 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7. NIM 4123111032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 4123111032 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM 4123111032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
10. NIM 4123111032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
14. NIM 4123111032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
15. NIM 4123111032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
3. NIM 4123111032 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
Abstract
Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran siswa yang diajar dengan metode discovery learning lebih baik daripada metode ekspositori pada materi lingkaran di kelas VIII SMP N 8 Binjai T.A. 2015/2016 dan untuk melihat pola jawaban siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran discovery learning dengan siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran ekspositori pada materi lingkaran di kelas VIII SMP N 8 Binjai T.A. 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP N 8 Binjai dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 kelas VIII-5 sebanyak 64 orang yang diambil secara acak. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Data yang digunakan adalah tes Pemahaman Awal Matematika (PAM) yang diambil dari 10 butir soal UN Sekolah Dasar dan tes kemampuan penalaran berbentuk uraian sebanyak 5 soal. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data tes PAM. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa hasil tes PAM kedua sampel berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian penulis bisa memberikan perlakuan kepada kedua sampel. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil tes kemampuan penalaran yang diberi pembelajaran discovery learning adalah 65,47 dengan simpangan baku 12,01 dan rata-rata hasil tes kemampuan penalaran yang diberi pembelajaran ekspositori adalah 46,72 simpangan baku 14,35. Untuk uji hipotesis digunakan uji t, dari hasil perhitungan diperoleh thitung=5,670 dan ttabel=1,6698. Ternyata thitung>ttabel, sehingga
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MAT 114 |
Keywords: | Discovery learning; Ekspositori;Kemampuan penalaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Oct 2016 08:36 |
Last Modified: | 25 Oct 2016 08:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/20865 |